Header Ads

Pantau Pasar Sapi Bhabinkamtibmas Cek Kesehatan Sapi dan Himbau Waspada Penyakit Mulut dan Kuku



  

Polsek Wonoasih - Dalam rangka pencegahan penyebaran penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak khususnya sapi, bhabinkamtibmas Kelurahan Jrebeng Kidul Polsek Wonoasih Polres Probolinggo Kota Bripka Fauzan memantau kegiatan pasar sapi sekaligus mengecek kesehatan sapi dan juga memberikan himbauan kepada pedagang dan pembeli untuk waspada Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di pasar sapi jrebeng kidul Wonoasih Kota Probolinggo , Selasa ( 17/05/2022).


Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin, terkait dengan marak terjadinya penularan penyakit mulut dan kuku terhadap hewan ternak sapi yang terjadi dibeberapa wilayah lain.


Bripka Fauzan menyebutkan, setelah dipantau secara langsung dilapangan berdasarkan keterangan dari para pedagang dan peternak sapi  yang berada didalam pasar , tidak ada temuan sapi yang sakit.


"Kita laksanakan pengecekan kesehatan sapi didalam pasar sapi sekaligus mengingatkan agar mewaspadai penularan PMK, apabila ditemukan ciri-ciri klinis adanya hewan ternak yang terkena PMK segera melapor untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut" Pesan Bripka Fauzan selaku Bhabinkamtibmas wilayah kelurahan Jrebeng Kidul Kecamatan Wonoasih Kota Probolinggo kepada para pedagang dan pembeli di pasar sapi Jrebeng Kidul Wonoasih.


Bripka Fauzan juga menambahkan Salah satu cara untuk mencegah PMK adalah selalu rutin menjaga kebersihan kandang ternaknya, dan memeriksakan hewan ternaknya ke dokter hewan.


Para pedagang dan pembeli di dalam pasar sapi menyambut baik himbauan dan pesan kamtibmas yang disampaikan oleh bapak bhabinkamtibmas , serta mengucapkan terimakasih atas informasi dan saran masukannya.


Kapolsek Wonoasih Kompol Sumarjo S.Pd , MM menjelaskan, Kegiatan pemantauan penularan penyakit PMK dilakukan dengan mendatangi sejumlah kandang sapi maupun turun langsung ke pasar sapi yang ada di wilayah hukum polsek Wonoasih. 


Kegiatan pemantauan ini dilakukan oleh anggota bhabinkamtibmas bertujuan untuk mengetahui kondisi kesehatan sapi yang berada di dalam pasar maupun yang di pelihara di rumah pemilik sapi agar tidak terjadi penularan PMK kepada sapi sapi yang lain.


“Melalui Bhabinkamtibmas kita berikan himbauan kepada para peternak sapi agar menjaga kebersihan kandang dan periksakan hewan ternaknya kepada dokter hewan sehingga tidak mudah terkena penyakit khususnya PMK,” ungkap Kapolsek Wonoasih.


Pemantauan terhadap hewan ternak sapi milik warga, akan dilakukan secara intensif dengan menggandeng instansi terkait di seluruh wilayah hukum polsek Wonoasih khususnya disaat penyebaran penyakit PMK marak terjadi.

No comments