Header Ads

Rakor Terkait Pendataan Keluarga, Ini Yang Disampaikan Kapolsek Mayangan

Mayangan - Dalam upaya menciptakan pembangunan kependudukan dan keluarga kecil yang berkualitas sebagai langkah penting dalam mencapai pembangunan yang berkelanjutan, Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Probolinggo telah menggelar rapat koordinasi pendataan keluarga tahun 2021 dalam masa pandemi Covid-19 di pendopo kecamatan Mayangan pada Rabu, (17/3/2021).

 

Rapat Koordinasi yang diselenggarakan oleh Dinas Kesehatan, Pengendalian dan Keluarga Berencana Kota Probolinggo ini dihadiri oleh 40 orang peserta dikarenakan situasi yang masih pandemi Covid-19,   terdiri atas kepala organisasi perangkat daerah (OPD) yang terkait, seperti Dinas Kependudkan dan Catatan Sipil Kota Probolinggo, Camat Mayangan,  Pimpinan Puskesmas Kec. Mayangan, tim penggerak PKK Kec. Mayangan, tokoh agama dan tokoh masyarakat di Kec. Mayangan, Koramil 01/0820 dan Polsek Mayangan.

 

Acara yang dihadiri oleh Tiga Pilar Kecamatan Mayangan tersebut bertujuan untuk mendata keluarga by name by addres yang akan digunakan untuk penetapan sasaran dan optimalisasi operasional program BKKBN Bangga Kencana antara lain, data demografi, data keluarga berencana, data keluarga sejahtera dan data anggota keluarga di setiap tingkatan wilayah.

 

Pemerintah akan melibatkan Bhabinkamtibmas dan Babinsa dalam pelaksanaan survey pendataan keluarga selama ± 2 bulan mulai april sampai dengan Juni 2021.

 

Camat Mayangan M. Abbas, S. Sos. Msi dalam sambutannya menyatakan bahwa ada tiga pilar utama dalam menyukseskan keluarga berencana diantaranya adalah program kependudukan,  program KB dan kesehatan produksi serta program pembangunan keluarga.

 

"Melalui rakor ini,  saya mengharapkan kita dapat memecahkan permasalahan seputar kependudukan dan keluarga berencana di kecamatan mayangan secara bersama- sama,” ungkap Camat Abbas. 

 

Dalam kesempatan itu, Kapolsek Mayangan Kompol Eko Hari Suprapto, S.H. yang diwakili oleh Kanit Reskrim Polsek Mayangan Iptu Mugi menyampaikan bahwa Rakor ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan sinergitas pemerintah dan TNI - POLRI untuk mensukseskan dan mendukung setiap program-program pemerintah apalagi dimasa yang masih pandemi Covid-19. Ujar Iptu Mugi.

 

Harapannya semoga dalam pelaksanaannya nanti tidak ada kendala apapun yang penting petugas maupun masyarakat tetap memperhatikan protokol kesehatan. Imbuhnya.

 

Sasaran program ini adalah seluruh warga masyarakat yang mempunyai NIK Kota Probolinggo khususnya di wilayah Kecamatan Mayangan, Pelaksanaan pendataan Keluarga ini dilakukan oleh 459 kader pendata dari Dinkes PPKB yang akan berkunjung kerumah warga dan menanyakan beberapa pertanyaan sesuai dengan variable kepada warga Kota Probolinggo.

 

No comments