Header Ads

Tahun 2020, Jumlah Tilang Polres Probolinggo Kota Menurun

 


Adanya pandemi Covid-19, ternyata juga berdampak terhadap jumlah tindakan langsung (tilang) yang dilakukan Satlantas Polres Probolinggo Kota. Bahkan, dibanding tahun kemarin, jumlah tilang tahun ini turun drastis.

 

KBO Satlantas Polres Probolinggo Kota Ipda M Rizal mengatakan, jumlah penindakan, baik teguran dan tilang yang dilakukan tahun kemarin mencapai 13.791 kasus. Dengan perincian, 6.665 tilang dan 7.126 teguran. Sedangkan, tahun ini hanya 7.418 kasus, dengan rincian 3.370 tilang dan 4.048 teguran.

 

“Memang karena pandemi ini kami diperintahkan untuk penindakan berupa tilang hanya 20 persen. Sisanya hanya imbauan agar masyarakat menggunakan masker dan taat prokes (protokol kesehatan),” ujarnya.

 

Mengenai jumlah kendaraan yang diamankan petugas, pada 2019 sebanyak 11 kendaraan roda dua dan pada tahun ini hanya 7 kendaraan. “Semuanya roda dua. Untuk yang roda empat, baik tahun ini dan tahun sebelumnya tidak ada,” ujar KBO.

 

Hanya saja, kata Rizal, pihaknya berhasil menyita lebih banyak knalpot brong. Tahun ini ada 122 knalpot brong yang disita, sementara tahun lalu hanya 92 knalpot.

 

Soal korban dalam kecelakaan lalu lintas, baik korban meninggal, luka ringan, maupun luka berat, tahun ini jumlahnya menurun. “Jumlah kejadiannya tahun lalu ada 399 kejadian dengan korban luka ringan 563 orang, luka berat 1 orang, dan meninggal dunia 82 orang. Tahun 2020, ada 281 kejadian, dengan korban luka ringan 329 orang, luka berat tidak ada, dan meninggal dunia 71 orang,” jelas Ipda Rizal.

 

Ipda Rizalmengatakan, di wilayah hukumnya terdapat sejumlah titik rawan kecelakaan lalu lintas atau black spot. Di antaranya, di Jalur Lingkar Selatan, Jalur Lingkar Utara, dan di Jalur Pantura, Kecamatan Tongas, Kabupaten Probolinggo.

 

 

 

 

 

No comments