Header Ads

Tidak Ada Target Tilang, Pelaksanaan Ops. Zebra Polres Probolinggo Kota Lebih Humanis

 


Satuan Lalu Lintas Polres Probolinggo Kota tak menargetkan sanksi tilang pada Operasi Zebra tahun 2020. Hal ini sesuai instruksi Kapolri Jenderal Idham Azis agar seluruh anggota Polri lebih humanis dan mengedepankan edukasi keselamatan berkendara di masyarakat.

 

"Kita lakukan dengan pola preventif dan preemtif, implementasinya dengan bagi - bagi masker di masa pandemi COVID-19," kata Kasat Lantas Polres Probolinggo Kota AKP Tavip Haryanto kepada tim Tribratanews, Rabu (04/11/2020).

 

Kasat juga menjelaskan bahwa Operasi Zebra merupakan kegiatan rutin Polri yang digelar serentak di seluruh Indonesia. Operasi berupa pemeriksaan surat-surat pengemudi dan kelengkapan kendaraan di jalan raya. Untuk tahun ini, pelaksanaan ops Zebra di Kota Probolinggo dilaksanakan dengan kegiatan  edukasi dan pembagian masker kepada warga.

 

Kasat  menambahkan, Polri menggelar Operasi Zebra selama dua pekan, yakni 26 Oktober hingga 8 November 2020. Sebelumnya petugas di lapangan sempat memberlakukan sanksi tilang bagi pelanggar aturan lalu lintas. Namun pola operasi berubah seiring dengan adanya pandemi yang melanda seluruh negara di dunia khususnya di Indonesia.

 

“Operasi Zebra tanpa tilang akan terus diterapkan hingga 8 November mendatang. Sebagai gantinya, petugas membagi-bagikan ratusan ratusan lembar masker bagi pengendara. Sedangkan bagi para pengendara yang melanggar, kita berikan edukasi.” Ujar Kasat

 

 

No comments