Header Ads

test

Jamin Rasa Aman Dalam Beribadah, Polisi Sterilisasi Sejumlah Gereja Di Kota Probolinggo

 


Unit Satwa Sat Sabhara Polres Probolinggo Kota melaksanakan sterilisasi di sejumlah gereja di wilayah Kota Probolinggo untuk menjamin rasa aman beribadah.

 

Sterilisasi tersebut dilakukan di tiga gereja, yakni Gereja Kristen Jawi Wetan (GKJW), di jalan Cipto Mangun Kusumo, Gereja Merah, dan Gereja Katolik Maria Bunda Karmel, kedua gereja berada di jalan Suroyo Kota Probolinggo.

 

Kanit K9 Polres Probolinggo Kota, Aipda Febriyanto Eka mengatakan, sterilisasi menyisir setiap sudut ruangan gereja menggunakan alat detektor dan anjing dari unit K9. Bahkan altar di dalam gereja ini juga diperiksa secara seksama.

 

“Hampir seluruh ruangan gereja dilakukan sterilisasi. Pemeriksaan dilakukan di dalam maupun di luar gereja,” kata Aipda Febriyanto Eka, di sela-sela sterilisasi Gereja Kristen Jawi Wetan (GKJW), Minggu (27/9/2020).

 

Aipda Febriyanto Eka mengatakan, penyisiran dilakukan untuk mendeteksi awal gangguan tak diinginkan sebelum umat Kristiani melaksanakan ibadah rutin untuk menjamin rasa aman beribadah.

 

Dari hasil penyisiran, polisi tidak menemukan benda-benda mencurigakan seperti bahan peledak dan sejenisnya.

 

“Polri dibantu oleh pihak keamanan interen Gereja sendiri. Untuk memastikan keamanan, barang bawaan setiap jemaat yang datang nantinya akan diperiksa secara seksama oleh polisi yang berjaga di security door,” tandasnya.

 

Menurutnya, sterilisasi tersebut juga dilakukan dalam tiga gelombang dengan tetap mengedepankan upaya social distancing untuk mencegah penyebaran virus Covid-19.

 

Sementara itu, Pendeta GKJW Probolinggo, Patria Yusak mengucapkan terima kasih atas kepedulian aparat, untuk memberikan rasa aman dan nyaman, dalam melaksanakan ibadah rutin.

 

“Perhatian yang banyak itu, membuat kami semangat. Dan juga mengapresiasi, karena ada perhatian yang besar dari aparat, untuk membuat umat kristiani di Kota Probolinggo tenang dalam beribadah,” pungkasnya.

No comments