Header Ads

Cegah Penularan Virus Corona, Kanit Intelkam Polsek Wonomerto Data Pemudik Di Kecamatan Wonomerto


Wonomerto – Meski sudah ada larangan mudik saat pandemi virus corona atau COVID-19, nyatanya hingga kini tercatat lebih dari ribuan pemudik kembali ke wilayah Jawa Timur.

 Untuk mencegah penyebaran virus corona, Kanit Intelkam Polsek Wonomerto Aiptu Bambang mendata para pemudik dan memeriksa di posko siaga COVID-19 yang didirikan di beberapa titik di masing – masing desa di wilayah kecamatan Wonomerto, Kamis (23/04/2020) malam.

Para pemudik itu tiba dari sejumlah kota besar, diantaranya DKI Jakarta Jawa Barat, Jawa Timur dan kota lainnya.

Menurut keterangan Kanit Intelkam Polsek Wonomerto, prodesur yang diterapkan oleh tim dari posko covid yang didirikan di masing-masing desa, begitu datang para pemudik, pemudik langsung diperiksa kesehatan dan suhunya.

“Kalau suhunya di atas 38 derajat Celsius, akan diarahkan ke puskesmas. Kalau normal (suhunya), akan dilakukan isolasi mandiri di rumah masing-masing,” jelasnya.

Kapolsek Wonomerto Iptu Agus Wahyono mengatakan bahwa mendata para pemudik yang dilakukan kanit intel merupakan perintah darinya.

“Data tersebut akan di kumpulkan dalam satgas gugus depan covid kecamatan kemudian akan di pilah-pilah ada dan tidaknya keluhan yang menyertai,” tegasnya.

Kebetulan Kapolsek bersama camat Wonomerto dan Danpos Koramil Wonomerto sebagai penanggung jawab dalam satgas penanganan percepatan COVID-19 kecamatan Wonomerto.

Menurut Kapolsek Wonomerto, dengan banyaknya jumlah pemudik yang datang ke Kabupaten Probolinggo, khususnya wilayah kecamatan Wonomerto, potensi penularan virus Corona juga akan lebih besar.

Namun, dengan tingkat kesadaran yang tinggi untuk melakukan isolasi mandiri, waspada, dan menjaga jarak, menurutnya, potensi itu akan bisa dikendalikan.

No comments