Header Ads

test

Antisipasi Peredaran Virus Covid 19, Polsek Sumberasih Terapkan Sistem Check Point


Polsek Sumberasih jajaran Polres Probolinggo Kota melakukan check point bagi pelintas yang akan masuk atau keluar dari teritorial Desa Sumurmati, Kecamatan Sumberasih, Kabupaten Probolinggo, Jum’at (03/4/2020).

Check point diikuti Kepala Desa Sumur Mati Lutfi, tenaga kesehatan Desa Sumurmati, Bhabinkamtibmas, Babinsa, beserta perangkat desa.

Check point untuk mengantisipasi dan mencegah paparan virus corona di Desa Sumurmati sangat penting. Sebab, pembawa virus corona ini bisa siapa saja dan boleh jadi merasa sehat-sehat saja.

“Kita harus cegah dengan cara screening di setiap pintu keluar-masuk utama wilayah Desa Sumurmati tanpa terkecuali. Semua kendaraan yang lewat harus kita periksa penumpangnya secara ketat, kita ukur suhunya, semprot disinfektan mobilnya, serta memberikan pengertian tentang bahaya virus ini,” kata Kades Sumurmati, Lutfi.

Dikatakan Lutfi, Polsek Sumberasih memberikan perhatian kepada Desa Sumurmati untuk mencegah penyebaran virus Covid-19.

“Alhamdulillah, semua antisipasi pencegahan Covid-19 sudah dilakukan sejak awal berita ini merebak. Dan hari ini, Alhamdulillah Polsek Sumberasih berkenan melakukan check point di sini,” tandas Kades Sumurmati.

Kapolsek Sumberasih, Iptu Suyanto membenarkan kegiatan pengecekan tersebut dilaksanakan oleh tim gabungan dari Bhabinkamtimas, Babinsa, Kepala Desa Sumurmati, tim kesehatan desa, dan petangkat desa. Personel gabungan tersebut melakukan kegiatan penyekatan serta melaksanakan pemeriksaan antisipasi penyebaran virus corona.

“Dalam kegiatan kali ini, anggota Polsek Sumberasih melakukan pemantauan kendaraan di tepi jalan dari arah masuk dan keluar Desa Sumurmati guna memudahkan upaya penghentian dan penyemprotan disinfektan,” tutur Kapolsek.

Bukan cuma mobil pribadi, kata Kapolsek, tetapi semua kendaraan menjadi sasaran karena jalan tersebut merupakan satu-satunya jalur yang menghubungkan Desa Sumurmati dengan desa yang lain. Setelah dilakukan penyemprotan disinfektan, pelintas jalan juga diminta melakukan cek suhu badan.

Bila tidak ditemukan gejala klinis Covid-19, pelintas jalan kembali diperbolehkan melanjutkan perjalanan. Apabila ditemukan pelintas jalan dengan suhu tubuh di atas 37° C maka akan dilakukan pendataan dan diberikan imbauan oleh tim kesehatan serta menjalani pemeriksaan lanjutan.

“Upaya ini, akan terus dilakukan guna mencegah dan mengantisipasi masuknya virus corona Covid-19 di wilayah Desa Sumurmati yang menjadi wilayah hukum Polsek Sumberasih Polres Probolinggo Kota,” pungkas Suyanto.


No comments