Header Ads

Police Goes To School, Ps. Kanit Dikyasa Sampaikan Materi Tentang Keselamatan Berkendara


Sebanyak kurang lebih 350 siswa-siswi kelas 10 dan 11 SMAN 3 Kota Probolinggo menyimak materi yang disampaikan oleh Bripka Eko selaku Kanit Dikyasa Sat Lantas Polres Probolinggo Kota. Kegiatan Police Goes to School kali ini diisi dengan materi tentang keselamatan berkendara.

Sebelum dilaksanakan kegiatan tersebut, terlebih dahulu Bripka Eko berkoordinasi dengan pihak sekolah, dalam hal ini Drs. Hery Susilo, M.Pd salah satu guru dan bagian Humas sekolah tetsebut. Dikatakan pak Heri, "kami mendukung program sosialisasi dari Kepolisian ini, sehingga telah disediakan tempat serta siswa-siswi untuk mengikuti kegiatan tetsebut"

Kepala sekolah Drs. Samsul Anam M.Si turut menyampaikan apresiasi sehingga terlaksananya kegiatan ini, serta berharap materi yang disampaikan Kepolisian bisa diterima dan ditaati sebagaimana aturan lalu-lintas yang telah ada.

Materi yang disampaikan dengan cara santai membuat suasana tidak kaku. Banyak juga ceri-cerita pengalaman dari petugas tentang kejadian terkait lalu-lintas maupun akibat kenakalan remaja. Dengan disampaikannya cerita dan pengalaman tersebut, diharapkan siswa bisa mengingat-ingat bahwa tertib berlalu-lintas adalah hal wajib yang manfaatnya bukan hanya untuk diri sendiri melainkan juga orang lain, serta menanamkqm pada dirinyq bahwa keselamatan sejatinya adalah kebutuhan. Sehingga dengan adanya pemahaman seperti itu, maka mereka akan sadar dengan sendirinya.

"Kami anggap mereka teman sendiri, yang mereka alami dan rasakan sebagai pelajar yang mayoritas menggunakan sepeda motor sebagai sarana ke sekolah, juga kami rasakan, kami pancing mereka untuk memilih. Memilih yang aman atqu yqng berbahaya, dalam hal berkendara. Bukan maksud menakuti mereka akan kecelakaan, namun itu perlu kami sampaikan supaya mereka lebih berhati-hati dalam berkendara, dengan selalu tertib berlalu-lintas, beretika dijalan raya diantaranya", ujar Bripka Eko.

Usia remaja seperti mereka yang masih pelajar SMA rentan oleh pengaruh hal-hal negatif semisal balap liar, penyalah gunaan narkoba atau kenakalan remaja lainnya. Unit Dikyasa Sat Lantas, dengan pendekataan semacam ini tidak hanya sekedar materi belaka yang disampaikan, tetapi juga memberikan kesempatan bagi pelajar yang ingin berdiskusi perihal tetib berlalu-lintas maupun upaya mencegah kenakalan remaja.

"Kami ingin kegiatan ini tidak sebatas hanya materi dan itu selesai, tidak demikian maksud kami. Setidaknya kehadiran kami yang pertama kali ini juga membuka dan mempersilakan pada siswa bila ada permasalahan baik itu tentang lalu-lintas atau upaya mencegah pengaruh negatif penhalahgunaan narkoba. Ini tidak lain demi tetap terjaganya generasi muda dari kenakalan remaja. Kami siap kapan saja bila diperlukan untuk kegiatan seperti ini", pungkas Bripka Eko.

No comments