Header Ads

Antisipasi Penyebaran Virus Corona, Ini Kata Kapolres Probolinggo Kota


Virus Corona Wuhan atau coronavirus n-CoV novel masih menjadi perbincangan internasional. Pemberitaan terbaru mengabarkan, virus ini tidak hanya ditemukan di China, melainkan kasus serupa terjadu di beberapa negara lain seperti Singapura, Vietnam, Hong Kong, Thailand, Taiwan, dan lainnya. WHO pun mengeluarkan peringatan lalu lintas internasional sehubungan dengan merebaknya virus corona baru ini.

Mengantisipasi hal tersebut, Polres Probolinggo memberikan himbauan kepada masyarakat agar waspada terhadap virus Corona. Kapolres Probolinggo Kota AKBP Ambariyadi Wijaya S.I.K, S.H, M.H mengajak masyarakat yang mengeluhkan penyakit pernapasan untuk segera melapor dan konsultasi ke fasilitas kesehatan terdekat, terutama bagi mereka yang baru pulang dari luar negeri.

"Umumnya yang menjadi pembeda mungkin perlu diwaspadai bagi mereka yang baru berpergian dari luar negeri. Karena virus ini bisa terjangkit ketika baru pulang dari daerah terjangkit," kata Kapolres, Selasa (29/01/2020).

"Jika dua minggu setelahnya muncul gejala demam, batuk dan pilek bisa langsung melapor," lanjut AKBP Ambar.

Kapolres mengatakan bahwa fasilitas kesehatan mulai dari puskesmas hingga rumah sakit di kota Probolinggo tentunya juga telah siap sedia menerima masyarakat yang mengalami keluhan infeksi pernapasan.

Kapolres juga meminta masyarakat menjaga pola hidup bersih dan memperhatikan nutrisi makanan agar ketahanan tubuh kuat. Kemudian, ia mengingatkan agar masyarakat memiliki etika ketika bersin.

"Kalau bersin ditutup dan jangan diarahkan ke orang. Itu harus ada etikanya ditutup ketika bersin," tutup dia.

Virus Corona telah menyebar ke sejumlah negara dan menginfeksi banyak orang. Sejauh ini belum ada laporan warga di Indonesia yang terjangkit virus Corona.  Dilansir dari situs WHO, sejauh ini tanda-tanda dan gejala klinis utama yang dilaporkan dalam wabah tersebut antara lain demam, sulit bernapas, dan radiografi dada yang menunjukkan infiltrat paru bilateral. Penularan dari manusia ke manusia telah terkonfirmasi di sebagian besar di Kota Wuhan, juga beberapa tempat lain di China.





No comments