Header Ads

BBKTM Polsek Kademangan Bersama Walikota Probolinggo Hadiri Giat Simulasi Penanganan Tanggap Bencana Di Rusunawa Bayuangga


Bhabinkamtibmas Polsek kademangan Brigpol Rully mengikuti kegiatan simulasi penanganan bencana dalam rangka tanggap darurat akibat gempa bumi yang diselenggarakan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Probolinggo pada hari Rabu tanggal 18 Desember 2019 pukul 08:00 s.d 10:00 Wib, bertempat kawasan Rusunawa Jln. Brantas Kel. Pilang Kec. Kademangan Kota Probolinggo,  Yang diikuti dari tim BPBD Kota Probolinggo, PMI Kota Probolinggo, tim Yon Zipur 10/JP/2 Kostrad dan warga masyarakat yang tinggal di Rusunawa Bayuangga Jln. Brantas Kota Probolinggo sekitar 50 orang.

Adapun dalam kegiatan simulasi ini dihadiri oleh Walikota Probolinggo, Wakil Walikota Probolinggo beserta jajaran Forkopimda Kota Probolinggo beserta Bhabinkamtibmas.

Rangkaian kegiatan Pada pukul 08:40 Wib, Pelaksanaan simulasi penanganan bencana gempa bumi dimulai, diawali dengan demontrasi tindakan dan langkah upaya apabila terjadi gempa bumi yang kaitannya ada penghuni warga masyarakat yang tinggal di rumah susun. Selanjutnya Pada pukul 09:10 Wib, Tim Rescue (penanganan korban akibat gempa) dalam simulasi penanganan bencana gempa bumi hingga selesai.



 Dalam giat tersebut kepala BPBD Kota Probolinggo (Priyo Jatmiko) menjelaskan Bahwa kegiatan simulasi penanganan bencana gempa bumi harus dilaksanakan oleh pihak BPBD Kota Probolinggo, sehingga bisa mendeteksi ancamannya dan bisa dilaksanakan SOP dalam penanganannya.Juga dijelaskan bahwa Ada bermacam - macam gempa bumi seperti Hidro (hujan lebat dan angin kencang), banjir, gunung meletus dan lain - lain, serta ada ancaman potensi yang tidak bisa diketahui, itu terjadi yaitu gempa bumi. Dan langkah dari BPBD Kota Probolinggo melakukan upaya yaitu forum penanggulangan bencana, Serta BPBD Kota Probolinggo juga bekerjasama dengan pihak dinas pendidikan, berkaitan tentang pendidikan darurat bencana serta antisipasinya. lalu kepala BPDD meminta Semua harus  bekerjasama dengan stakeholder yang lain, diperlukan kepedulian kepada semua pihak terkait dan semua warga masyarakat dengan harapan selamat dari bencana.

Selanjutnya Wali Kota Probolinggo (Habib Hadi Zaenal Abidin, S.Pd, M.M, MHP) yang diikuti oleh tim penyelenggara meninjau situasi Rusunawa Bayuangga Jln. Brantas Kota Probolinggo, yang dijadikan tempat latihan atau simulasi penanganan bencana gempa bumi. Selama kegiatan rangkaian dalam simulasi penanganan bencana gempa bumi berjalan lancar dan aman.

Di sela sela kegiatan Brigpol Rully menjelaskan bahwa Simulasi penanganan bencana gempa bumi di Rusunawa Bayuangga Jln. Brantas Kota Probolinggo bertujuan untuk membiasakan diri dalam upaya - upaya langkah apabila sewaktu - sewaktu terjadi bencana gempa bumi."mari kita semua kerjasama dengan semua pihak untuk kepedulian tanggap bencana gempa, agar apabila ada bencana kita bisa antisipasi dengan Standart Operation Prosedur." Tutup Brigpol Rully


No comments