Header Ads

Demi Pilkada Aman, Kapolres Gandeng Elemen Tiga Pilar Sampai Tingkat Desa


Polresta Probolinggo menggelar Focus Group Discussion (FGD) sinergitas tiga pilar (Pemkot, Kodim dan Polresta), Rabu (25/4/2018) sekitar pukul 08.00 WIB, acara yang menghadirkan Forkopimda, KPU serta Panwaslu tersebut bertempat di Hotel Bromo Park. Turut hadir pula, MUI, Camat, Babinsa, Babinkamtibmas, Lurah dan Kepala Desa se wilayah hukum Polresta Probolinggo.
 
Kapolresta AKBP Alfian Nurrizal menyebut, tujuan FGD guna menciptakan kondusifitas kewilayahan menjelang dan pasca Pilwali. Selain itu, untuk mengawal dan mengamankan Pilwali tahun ini, agar kejadian seperti Pilwali tahun 2014 tidak terulang kembali. Potensi yang mengarah Pilwali rusuh, bisa dibaca dan diantisipasi.
 
“Pilwali paslon berjumlah empat. Salah satu paslon, berangkat dari independen. Sedang tiga paslon diusung partai,” terangnya.
 
Hal tersebut, lanjut AKBP Alfian Nurrizal, akan ditindaklanjuti dengan merangkul seluruh elemen untuk mensukseskan dan mengamankan Pilwali. Sehingga, Pilwali menjadi damai tidak ada keributan, meski ada yang menang dan ada yang kalah.
 
“Kami juga meminta penyelenggara pemilu untuk bersikap adil, tidak berat sebelah. Bekerjalah sesuai aturan,” tambahnya.

Kapolresta mengaku, sudah memetakan titik rawan yang berpotensi rusuh. Hanya saja, ia merahasiakan dan enggan menyebut daerah mana saja yang dianggap rawan. AKBP Alfian hanya mengatakan, akan menambah personil pengamanan pada daerah yang dipetakan masuk wilayah rawan.

Bahkan, pihaknya nanti saat pencoblosan akan meminta bantuan pengamanan dari Polda Jatim. “Hanya antisipasi saja. Mudah-mudahan tidak terjadi apa-apa. Pilkada damai dan sukses,” harapnya.

Lantaran ada beberapa permasalahan yang harus dibicarakan, pihaknya menggelar acara tersebut. Selain itu, mereka yang hadir di acara FGD tersebut, mendapat pemahaman dan bekal saat menjalankan tugas dan fungsinya di Pilwali. Harapannya, dengan kesatuan pemahaman dan tujuan ketiga pilar, Pilwali nanti aman dan sukses.

“Harapan kita semua seperti itu. Tiga pilar, Panwaslu, KPU menjalankan tugas dan fungsinya masing-masing sesuai aturan. Kuncinya di sana,” pungkas Kapolresta.

No comments