Header Ads

Bersama Forkopimda, Kapolres Probolinggo Kota Cek Pelaksanaan Perakitan Kotak Suara




KPU Kota Probolinggo mulai merakit kotak suara Pemilu 2024, Senin (8/01/24) siang. Perakitan kotak suara di gudang KPU, Jl. Anggrek, Kota Probolinggo ini ditargetkan rampung dalam sehari. Perakitan sebanyak 3.345 kotak suara itu dilakukan sejak Senin pagi. Kotak suara yang dirakit dibedakan sesuai daerah pemilihan atau sesuai kecamatan di Kota Probolinggo.


Bersama Forkopimda, Kapolres Probolinggo Kota AKBP Wadi Sa’bani S.H., S.I.K., M.H memantau dan mengecek pelaksanaan kegiatan perakitan kotak.


Dalam kegiatan ini, Kapolres mengatakan, pengecekan dilakukan sebagai salah satu bentuk komitmen Polri dalam pengamanan dan memantau kesiapan logistik Pemilu 2024 dan untuk memastikan semua tahapan Pemilu 2024 berjalan lancar dan aman, mulai bilik suara, kotak suara dan surat suara.


“Pengecekan dilakukan untuk memastikan tidak ada permasalahan atau gangguan yang dapat mempengaruhi proses penyimpanan dan distribusi logistik Pemilu 2024”, ucap Kapolres.


Lanjut AKBP Wadi, untuk antisipasi kejadian tidak diinginkan, kami telah memploting khusus anggota untuk melakukan penjagaan di gudang logistik yang berjaga selama 24 jam.


Kapolres berpesan kepada personelnya agar selalu waspada terhadap situasi yang ada. Kita tidak boleh underestimate, walau situasi di Kota Probolinggo relatif aman. Kita harus selalu waspada dan jangan lengah.


“Tentunya menjadi harapan kita bersama segala tahapan Pemilu 2024 lancar dan aman hingga selesai. Masyarakat jangan mudah percaya kabar/isu yang belum pasti kebenarannya, hindari berita hoax. Mari bersama sukseskan moment berdemokrasi ini dengan sehat, aman dan damai,” ujar Wadi.


Ketua KPU Kota Probolinggo, Ahmad Hudri mengatakan, hari ini telah dimulai perakitan kotak suara. Jumlah total ada kotak suara sebanyak 669 Tempat Pemungutan Suara (TPS) dikalikan lima kotak suara.


“Untuk target perakitan kotak suara ini karena dikerjakan oleh pekerja profesional maka diperkitaran nanti malam sudah selesai, karena siang ini pukul 13.00 WIB 1.000 kotak suara sudah selesai dirakit,” ujarnya.


Saat proses perakitan kotak suara, Forkopimda Kota Probolinggo datang untuk melihat proses tersebut. Forkopimda juga menyaksikan, kotak suara yang terbuat berkualitas karena terbuat dari kombinasi bahan karton dupleks.


Hingga Senin siang, belum ditemukan kotak suara yang rusak atau tidak sesuai. Namun nantinta jika ditemukan kotak suara rusak maka akan segera diganti.


“Sampai sejauh ini kami belum menemukan kotak suara rusak. Adapun nantinya jika ditemukan kotak suara yang rusak karena masih ada waktu, maka akan kami ganti,” Hudri menjelaskan.


Sementara, Walikota Probolinggo, Habib Hadi Zainal Abidin mengatakan, kedatangannya ke gudang KPU Kota Probolinggo ini untuk melihat logistik Pemilu, yang mana sampai saat ini proses sudah berjalan sesuai tahapan.


“Saat ini proses Pemilu 2024 khususnya di Kota Probolinggo sudah berjalan sesuai tahapan serta berjalan dengan lancer. Jadi saya berharap masyarakat tidak termakan isu dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab, sehingga ayo masyarakat gunakan hak pilihnya untuk menentukan masa depan bangsa Indonesia,” ujarnya

No comments