Header Ads

LKIP POLRES PROBOLINGGO KOTA


 A. Kesimpulan

Pelaksanaan Program kegiatan Polres tahun 2022 telah dilaksanakan sesuai rencana kerja dan perjanjian kinerja yang telah ditetapkan, meskipun dalam pelaksanaannya masih terdapat kekurangan dan belum mencapai target, karena terkendala adanya refocusing dan penyesuaian anggaran serta adanya wabah pandemi covid-19. Adapun pelaksanaan program secara umum dapat tercapai dari 5 (lima) sasaran strategis, 1 (satu) indikator impact, 2 (dua) indikator kinerja utama  dan 6 (enam) indikator penunjang yang tertuang dalam perjanjian kinerja Polres Probolinggo Kota tahun 2022 dengan kriteria target indeks keamanan dan ketertiban masyarakat dari target sebesar 4,35 dengan realisasi sebesar 3,20 dengan capaian sebesar 73,64 %. 

indikator kinerja Impact Indeks terwujudnya keamanan dan ketertiban di wilayah Kota Probolinggo tahun 2022 belum dapat tercapai sesuai target yang di tetapkan sebesar 4,35 (skala 1-5), hal ini dikarenakan capaian Indeks terwujudnya keamanan dan ketertiban di wilayah Kota Probolinggo di peroleh nilai score indeks sebesar 3,20 (skala 1-5) dengan rincian Indeks Harkamtibmas wilayah Polres Probolinggo Kota score indeks sebesar 1,87 (skala 1-5) di tambah indeks penegakkan hukum score indeks sebesar 1,33 (skala 1-5) maka di peroleh nilai score indeks sebesar 3,20 (skala 1-5), sehingga capaian kinerja tahun 2022 sebesar 73,64 %.


B. LANGKAH YANG DILAKUKAN UNTUK MENINGKATKAN KINERJA


Tindak lanjut yang akan dilakukan untuk meningkatkan  kinerja Polres Probolinggo Kota dari kesimpulan tersebut diatas dapat diartikan bahwa capaian kinerja  secara umum telah mencapai target kinerja yang telah ditetapkan, namun untuk peningkatan capaiaan kinerja Polres Probolinggo Kota pada masa yang akan datang sebagai pertanggungjawaban akuntabilitas kinerja kementerian/lembaga negara, maka  Polres Probolinggo Kota melaksanakan langkah tindak lanjut sebagai berikut :

1. Melaksanakan program Pemerintah arah kebijakan dan strategi Nasional diantaranya prioritas sub bidang Keamanan pada RPJM 2020 - 2024 dan Program Prioritas Kapolri  “PRESISI” (Prediktif, Responsibilitas, Transparansi Berkeadilan), dengan sasaran bidang Keamanan dan Ketertipan adalah peningkatan kapasitas dan stabilitas keamanan dalam negeri di wilayah Polres Probolinggo Kota dengan pemantapan Harkamtibmas, penegakan hukum serta pemantapan dukungan Polres Probolinggo Kota dalam penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional serta penanganan konflik sosial. 

2. Meningkatkan kualitas pelayanan publik  Polri yang terintegrasi, modern, mudah dan cepat dalam mengelola Harkamtibmas dengan mengedepankan upaya preentif dan preventif yang didukung oleh penegakan hukum yang tegas dan humanis yaitu :

a. Mendukung program prioritas nasional dalam penegakan protokol kesehatan untuk penanganan covid-19  dan pemulihan ekonomi nasional;

b. Peningkatan kualiatas pelayanan public Polri melalui perubahan perilaku dan wajah melayani serta penataan hubungan tata cata kerja (HTCK) dan standard operasional prosedur (SOP);

c. Pemolisian prediktif (predictive policing) yang mengedepankan kemampuan deteksi dini dan kemampuan memprediksi situasi dan kondisi yang merupakan pontensi gangguan Kamtibmas;

d. Menerapkan dan meningkatkan program kampung tangguh semeru.

3. Pemberdayaan aparatur pengawasan, baik aparatur pengawasan internal Satker/Subsatker maupun pengawasan oleh inspektorat pengawasan daerah yang didukung oleh pengawasan eksternal yang mampu menjamin terlaksananya seluruh program kegiatan sesuai dengan rencana maupun anggaran yang telah ditetapkan secara efektif dan efesien.

Demikian laporan kinerja instansi pemerintah (LKIP) Polres Probolinggo Kota     tahun 2022, disusun untuk dapat digunakan sebagai bahan masukan Pimpinan guna menentukan kebijakan dan langkah-langkah strategis serta dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan untuk peningkatan pelaksanaan  tugas dalam  rencana  kerja  T.A. 2023.

No comments