Header Ads

Polri Peduli Lingkungan, Polres Probolinggo Kota Tanam 1409 Pohon Mangrove

 


Polres dan Forkompinda Kota Probolinggo melaksanakan kegiatan penghijauan bertajuk Polri Lestarikan Negeri Penghijauan Sejak Dini, Rabu (23/8/2023). Ribuan pohon ditanam di Pantai Permata Kota Probolinggo. Hadir dalam kegiatan itu, Kapolres Probolinggo Kota AKBP Wadi Sa’bani S.H., S.I.K yang diwakili Wakapolres Kompol Subiyantana S.H., M.H, Ketua PN Kota Probolinggo Yusti Sinianus Radja, Sekretaris Daerah Kota Probolinggo, drg. Ninik Ira Wibawati, Kasdim 0820 Probolinggo Mayor Czi Slamet Wahyudi, para PJU, pengurus Bhayangkari, Pokdarwis peduli lingkungan serta para anggota Saka Bhayangkara Polres Probolinggo Kota.


Wakapolres mengatakan, penanaman merupakan kegiatan serentak yang digelar Polri di seluruh Indonesia. 


"Di Kota Probolinggo, kami menanam 1409 pohon di lokasi pantai permata yg diawali dengan bersih2 lingkungan / sampah," kata Wakapolres.


Wakapolres juga menjelaskan tujuan penanaman pohon ini yaitu untuk memperkuat  ekosistem mangrove sehingga mengurangi abrasi dari gelombang laut.


“Kegiatan penghijauan ini digagas Kapolri (Jenderal Listyo Sigit Prabowo), sebagai wujud kepedulian Polri terhadap lingkungan hidup yang harus dirawat dan dijaga kelestariannya," ujar Kompol Subiyantana.


Wakapolres menambahkan, isu global yang dibicarakan dewasa ini adalah pemanasan global, perubahan iklim, banjir, dan erosi akibat rusaknya ekosistem. Penanaman pohon mangrove dapat berfungsi dalam mencegah abrasi dan erosi 


“Pohon berperan penting dalam kehidupan dan menyelamatkan bumi dari pemanasan global. Manfaat terbesar dari pohon adalah menghasilkan oksigen yang dibutuhkan seluruh makhluk hidup,” ujarnya.


Wakapolres juga mengatakan bahwa program penanaman pohon merupakan program yang sangat baik dilaksankaan karena mengenai lingkungan yang terus harus dijaga kelestariannya sehingga bisa menjadi warisan bagi anak cucu kelak.


“Penanaman pohon ini adalah program yang cukup bagus untuk lingkungan, penanaman pohon bukan hanya dilaksanakan oleh Polres, namun Polsek jajaran juga ikut melakukan penghijauan,” pungkasnya.

No comments