Header Ads

Sambang Peternak Sapi Polsek Kedupok Edukasi Warga Waspada PMK



Polsek Wonoasih – Dalam rangka antisipasi adanya penyakit mulut dan kuku (PMK) yang menyerang hewan ternak di wilayah Kota Probolinggo,  Bhabinkamtibmas polsubsektor kedopok Briptu Fadilah terjun ke lapangan untuk melaksanakan sambang dan pemantauan di beberapa peternakan sapi di wilayah kelurahan Kareng lor kecamatan Kedopok Kota Probolinggo. Jum'at (15/07/2022) Siang hari.


Dalam kegiatan tersebut Briptu Fadilah bersama babinsa Serda Zakaria dan kelurahan kareng lor Bapak. Sunyoto menyambangi beberapa warga yang memiliki peternakan sapi yang ada di kelurahan kareng lor kecamatan kedopok kota probolinggo, Untuk memantau ada tidaknya kasus penyakit mulut dan kuku yang terjadi.


“Kegiatan monitoring ini dilakukan guna mencegah dan mengawasi penularan wabah penyakit mulut dan kuku pada hewan ternak dan berkoordinasi dengan dinas terkait dalam penanganan PMK tersebut" Ujar Briptu Fadilah.


Dalam kegiatan sambang sekaligus monitoring terhadap PMK hewan ternak sapi milik warga , Briptu Fadilah juga menghimbau kepada warga untuk menjaga kesehatan dan kebersihan kandang dan hewan ternaknya serta selalu berkonsultasi dengan dinas kesehatan hewan  dalam mengantisipasi dan mencegah penyebaran penyakit PMK ( penyakit mulut dan kuku )”tuturnya.


Disampaikan bahwa hasil pemantauan di beberapa peternak sapi tidak ditemukan kasus penyakit mulut dan kuku. Namun demikian kami sampaikan himbauan himbauan dan edukasi kewaspadaan akan potensi penyakit tersebut yang menyerang ternak sapi.


"Kami himbau warga peternak sapi untuk waspada akan penyakit mulut dan kuku yang dapat menyerang ternak. Apabila ditemukan kasus PMK tersebut agar segera melapor dinas terkait" imbuhnya.


Sementara itu Kapolsek Wonoasih Polres Probolinggo Kota Kompol Sumarjo S.Pd , MM , mengatakan dengan adanya kasus penyakit mulut dan kuku (PMK) yang menyerang hewan ternak seperti sapi , pihaknya melakukan langkah pemantauan dan  monitoring yang dilakukan di sejumlah warga yang memelihara sapi diwilayah Kecamatan Kedopok.


 “Disela sela melaksanakan Sambang dan patroli, Bhabinkamtibmas juga monitoring warga yang memiliki sapi yang ada di desa Binaanya ,untuk memantau ada tidaknya kasus penyakit mulut dan kuku yang terjadi,” jelasnya.


"Bhabinkamtibmas juga akan memberikan himbauan dan edukasi kepada warga peternak sapi akan kewaspadaan menghadapi penularan wabah PMK dan mengantisipasi penyebarannya" imbuh Kapolsek Wonoasih.

No comments