Header Ads

Bhabinkamtibmas dan Babinsa Dampingi Pemberian Vaksin PMK di Desa Banjarsari

 


Sebagai bentuk pencegahan agar wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada sapi di wilayah Kabupaten Probolinggo, kembali Bhabinkamtibmas Desa Banjarsari Polsek Sumberasih Bripka Fringga Ryan Dan Babinsa Desa Banjarsari Serda Irawan bersama pihak terkait Dinas Pertanian dan Kecamatan Sumberasih mendatangi kandang peternakan sapi guna memberikan suntikan vaksinasi kepada hewan ternak. Selasa (05/07/2022)


Seperti dilakukan sidak di sejumlah peternak sapi di Desa Banjarsari. Dinas terkait dari Kecamatan didampingi Babinsa dan Bhabinkamtibmas Desa Banjarsari melaksanakan pemberian vaksin kepada hewan ternak sapi dan kambing yang berada di Desa Banjarsari.


Dan Jumlah Sapi yang tervaksin dengan rincian :

     a. Dusun Brak Ds. Banjarsari sejumlah 6 (enam) ekor Sapi

     b. Dusun Banjar Utara sejumlah 31 (tiga puluh satu) ekor Sapi, serta adapun Vaksin PMK adalah Aftopor dari Bohreinger Ingielheim Perancis.

     

Kegiatan ini dilaksanakan dengan mekanisme Door to Door System ke pada para Pemilik Hewan Sapi dan setelah dilakukan penyuntikan Vaksin PMK Sapi diberikan anting IRTEK berwarna kuning sebagai tanda Sapi telah tervaksin


Tak lupa petugas yang hadir menyampaikan kepada para pengelola peternakan sapi agar selalu menjaga kebersihan kandang dan orangnya. Sesering mungkin melakukan pembersihan kotoran sapi dan menyemprotkan disinfektan.


Selain itu, dapat ditambahkan dengan pemberian suplemen maupun obat-obatan hewan bila ada sapi yang terindikasi sakit. Wabah PMK pada sapi dan binatang ternak lainnya, dapat ditangani dengan cepat karenanya agar sedapat mungkin para peternak untuk melaporkan ke pihak terkait, bila ada yang terjangkit PMK.

No comments