Header Ads

Temuan Hewan Ternak Terinfeksi PMK, Polres Probolinggo Kota Gandeng Dinas Peternakan Lakukan Penanganan Secara Cepat

 


Wabah PMK yang menjangkiti hewan ternak berkuku belah menjadi atensi khusus Kepolisian. Jajaran Polres Probolinggo Kota bergerak cepat menindaklanjuti temuan kasus hewan ternak yang terjangkit Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) / Foot and Mouth Disease (FMD). Hasil pengecekan langsung di lapangan, Rabu (11/05/2022), ada salah satu peternak sapi yang mengeluh karena ternaknya menunjukkan gejala sakit yaitu demam, tidak mau makan, ileran dan luka pada kaki kakinya. Setelah dilakukan swab oleh Dinas Peternakan Jawa Timur, 7 diantara 8 ekor sapi positif terkena PMK.


drh. Dandy Narindra Prabowo, Dokter Hewan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Pemkab Probolinggo menyatakan bahwa sapi- sapi tersebut telah dilakukan pengobatan termasuk cara tradisional.


" Alhamdulillah, sapi sapi tersebut saat ini kondisinya membaik. Namun tetap akan dilakukan pengawasan oleh kami sampai benar benar sembuh", jelasnya.


"Masyarakat tidak perlu takut maupun panik. Sampai saat ini di Probolinggo belum ada temuan kematian hewan ternak akibat PMK. Selain itu virus ini tidak menular kepada manusia”, tambahnya.


Kapolres Probolinggo Kota AKBP Wadi Sa’bani melalui Kasat Reskrim AKP Jamal, S.H. menjelaskan bahwa telah bekerjasama dan koordinasi berkelanjutan dengan Dinas Peternakan. Selain itu juga melakukan monitoring, jangan sampai ada kendala terkait distribusi daging di wilayah hukum Polres Probolinggo Kota dengan tetap memantau terkait kebersihan kandang, feses maupun alat pengangkutan hewan ternak.


“ Kami akan terus melakukan sosialisasi secara masiv kepada masyarakat terkait penyebaran virus PMK ini. Masyarakat kami harapkan tenang, tidak perlu panik. Kepolisian dan Dinas Peternakan sampai saat ini sudah melakukan monitoring secara maksimal agar penyebaran maupun penularan PMK ini bisa seminimal mungkin, dan bila ditemukan adanya hewan ternak yang terjangkit, segera dilakukan upaya penanganan secara cepat dan tepat “, tandasnya.

No comments