Header Ads

Patroli Wilayah Panit Binmas Polsek Wonoasih Sambang Warga Ternak Sampi Himbau Penyakit Mulut



Polsek Wonoasih - Dalam rangka pencegahan penyebaran penyakit mulut kuku (PMK) pada hewan ternak khususnya sapi, Panit Binmas Polsek Wonoasih Polres Probolinggo Kota Polda Jawa Timur Aipda Syaiful Bahri patroli dialogis dan sambang kerumah warga yang memelihara ternak sapi di wilayah Kelurahan Kedung Asem Kecamatan Wonoasih Kota Probolinggo, Jum'at ( 13/05/2022).


Patroli dialogis dan sambang merupakan kegiatan rutin, terkait dengan maraknya penyakit mulut dan kuku terhadap hewan ternak sapi yang terjadi dibeberapa wilayah lain.Kegiatan ini dilakukan oleh Panit Binmas Polsek Wonoasih Aipda Syaiful Bahri yang sambang kerumah salah satu warga Bapak Sunar yang tinggal di Jalan Lumajang Rt 01 Rw 11 Kelurahan Kedung Asem Kecamatan Winoasih Kota Probolinggo.


Tujuan dan maksud kedatangan panit binmas polsek wonoasih kerumah rumah warga pemilik hewan ternak sapi adalah untuk menyampaikan himbauan himbauan kamtibmas sekaligus mengecek kondisi kesehatan sapi warga tersebut.


"Kita laksanakan pengecekan dan pendataan terhadap peternak diwilayah Wonoasih sekaligus mengingatkan agar mewaspadai penularan PMK, apabila ditemukan ciri-ciri klinis adanya hewan ternak yang terkena PMK segera melapor untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut"  pesan Panit Binmas Polsek Wonoasih Aipda Syaiful Bahri.


Aipda Syaiful juga menambahkan Salah satu cara untuk mencegah PMK adalah selalu rutin menjaga kebersihan kandang ternaknya, dan memeriksakan hewan ternaknya ke dokter hewan, tambahnya.


Bapak Sunar salah seorang peternak sapi warga Kedung Asem menyambut baik sambang dialogis yang dilaksanakan, serta mengucapkan terimakasih atas informasi dan saran masukannya , dirinya juga merasa khawatir dengan adanya wabah PMK ini, namun sesuai arahan bapak panit binmas kami akan dengan rutin membersihkan kandang serta memeriksakan kesehatan hewan ternak ke dokter hewan semoga tidak ada ternaknya yang terjangkit PMK, ucapnya.


Ditempat terpisah Kapolsek Wonoasih Kompol Sumarjo S.Pd , MM menyampaikan terimakasih kepada panit binmas dan bhabinkamtibmas yang telah aktif dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan melakukan patroli dialogis dan sambang ke warga guna menjalin kemitraan.


Kapolsek juga menambahkan terkait dengan adanya wabah PMK kami sampaikan kepada peternak diwilayah hukum wonoasih untuk melakukan langkah antisipasi dengan menjaga kebersihan kandang dan memeriksakan hewan ternaknya ke dokter hewan, edukasi peternak terkait ciri-ciri klinis hewan ternak yang terserang PMK, segera koordinasi dengan istansi terkait apabila ada hewan ternak yang terjangkit PMK sehingga dapat segera diambil langkah pencegahan penyebarannya, jelas Kapolsek Wonoasih Kompol Sumarjo S.Pd , MM.

No comments