Header Ads

Pantau Pasar Sapi Personil Polsek Wonoasih Himbau Pedagang Sapi



  

Polsek Wonoasih - Dalam rangka antisipasi wabah penyakit Mulut dan Kuku yang menyerang hewan ternak Sapi , Personil Polsek Wonoasih melakukan Pemantauan ke lokasi pasar sapi Wonoasih di Jalan Kyai Syafi'i Kelurahan Jrebeng Kidul Kecamatan Wonoasih Kota Probolinggo . Sabtu (28/05/2022) jam 14.00 Wib.


Bhabinkamtibmas Polsek Wonoasih Bripka Fauzan bersama Babinsa Sertu Agus Purnomo turun langsung kelapangan tersebut untuk mengingatkan para pedagang sapi agar waspada terhadap wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) yang kini mulai mewabah dibeberapa daerah Jawa timur termasuk Kota dan Kabupaten Probolinggo.


Dalam kegiatan tersebut Bripka Fauzan berdialog dengan pedagang sapi  maupun masyarakat peternak sapi yang akan membeli Sapi untuk  diberikan himbauan agar berhati-hati dalam membeli sapi dengan memperhatikan keadaan kesehatan sapi yang akan dibeli. 


"Para pedagang sapi dan masyarakat di dalam pasar sapi wonoasih diingatkan untuk mewaspadai penyakit mulut dan kuku (PMK) yang mewabah di Jawa Timur belakangan ini" Ucap bhabinkamtibmas Jrebeng Kidul Bripka Fauzan.


Bripka Fauzan juga menambahkan agar tetap menjaga dan memperhatikan kesehatan sapi serta kebersihan kandang sapi guna mencegah penyakit yang bisa menyerang ternak sapi. Apabila terjadi Gejala PMK pada ternak yaitu demam tinggi, ternak tampak lemas tidak mau berdiri, air liur berlebihan dan mulut berbusa, adanya lepuh pada mulut dan kuku. Dihimbau warga untuk menghindari membeli ternak dari daerah yang sudah ada ternak yang tertular PMK.


“Apabila ada ternak yang mengalami gejala yang seperti saya sampaikan agar peternak melaporkan kepada dokter hewan atau Dinas peternakan dan pihak Kepolisian untuk diambil langkah pencegahan lebih meluas,” Pungkas Bripka Fauzan.


Saat dikomfirmasi Secara terpisah Kapolsek Wonoasih Kompol Sumarjo S.Pd,MM. mengatakan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan menjadi perhatian bersama sehingga peternak hewan terutama sapi perlu mewaspadai dengan gejala dan penyebarannya


” Apabila warga masyarakat /peternak bila hewan mengalami ciri dan gejala yang disebutkan diatas agar segera melaporkan instansi terkait guna segera mendapat penanganan lebih lanjut,” tegas Kapolsek

No comments