Header Ads

Panit Binmas Polsek Wonoasih Himbau Pemilik Sapi Agar Jaga Kebersihan Lingkungan dan Kandang



Polsek Wonoasih -   Bentuk peduli polri melalui satuan binmas polsek Wonoasih Polres Probolinggo Kota melakukan patroli Door To Door (DDS) untuk memberikan himbauan kepada masyarakat agar waspada dan antisipasi  penyakit mulut dan kuku hewan ternak di wilayah  kecamatan wonoasih Kota Probolinggo. Jum'at (20/05/2022) Siang hari.


Kegiatan penyampaian himbauan tersebut yang di laksanakan oleh Panit Binmas Polsek Wonoasih Polres  Probolinggo Kota Aipda Syaiful Bahrie bersama Staf Kelurahan dan ketua Rt Rw yang berlangsung dengan baik bersama masyarakat Kelurahan Kedung Asem Wonoasih Kota Probolinggo.


Saat di jumpai di lokasi pemukiman warga yang memelihara hewan ternak sapi Panit Binmas Polsek Wonoasih Aipda Syaiful  mengajak masyarakatnya yang mempunyai hewan ternak seperti kambing dan sapi agar di kandangkan guna antisipasi terhadap penyakit mulut dan kuku yang menyerang hewan ternak yang sekarang ini sedang merebak di beberapa wilayah di Indonesia.


Selain itu juga ia mengajak ketua Rt dan Rw serta tokoh masyarakat untuk bersama sama mengingatkan warganya agar menjaga kebersihan kandang dan lingkungan sekitarnya  sehingga dapat mencegah terjadinya penularan penyakit hewan tersebut.


Panit binmas  menambahkan kepada peternak sapi untuk selalu waspada dan mengenal tentang gejala penyakit mulut dan kuku pada hewan ternak,seperti hewan ternak mengalami suhu tinggi, lendir dimulut,lepuk hidung,lidah menjulur,nafsu makan berkurang,kaki pincang,luka pada kaki yang berbatasan pada kuku dan kuku bisa lepas,” Tutur Aipda Syaiful.


Aipda Syaiful juga menghimbau kepada warga apabila hewan ternaknya mengalami gejala seperti ciri ciri penyakit PMK ini agar dapat mengandangkan hewan ternaknya dan segera hubungi dokter hewan maupun dinas terkait demi kesehatan bersama di wilayah kota probolinggo


" Warga masyarakat tidak perlu panik  karena mewabahnya penyakit ini pada hewan ternak karena tidak menular pada manusia " pungkasnya.


Kapolsek Wonoasih Kompol Sumarjo S.Pd , MM mengatakan terkait dengan adanya penyakit mulut dan kuku pada hewan ternak agar para bhabinkamtibmas menyampaikan kepada peternak diwilayah binaanya untuk melakukan langkah antisipasi dengan menjaga kebersihan kandang , dan memeriksakan kondisi hewan ternaknya ke dokter hewan apabila terjadi gejala gejala klinis yang mengarah ke PMK.


"Pihak Kami juga akan sering sering untuk memberikan himbauan dan edukasi kepada masyarakat bahwa PMK tidak berbahaya dan tidak menular pada manusia." Tutup Kapolsek.

No comments