Header Ads

Bhabinkamtibmas Sambang Rumah Warga Himbau Waspada Terhadap Penularan PMK




Polsek wonoasih - Dalam rangka antisipasi adanya penyakit mulut dan kuku (PMK) yang menyerang hewan ternak Sapi di wilayah Kota Probolinggo, Bhabinkamtibmas Poksek Wonoasih Polres Probolinggo Kota melaksanakan patroli sambang dan pemantauan  sejumlah Warga  Kelurahan Pakistaji yang memiliki sapi. Minggu (15/05/2022) Malam hari.


Pada kegiatan  patroli sambang tersebut yang di laksanakan oleh Bhabinkamtibmas polsek Wonoasih Bripka Andrik Dwi bersama staf kelurahan pakistaji  Bapak Rosul mendatangi rumah bapak Miskat warga Rt 02 Rw 01 Kelurahan Pakistaji yang memiliki hewan ternak sapi dikandangnya.


Saat di jumpai di rumahnya Bhabinkamtibmas mengajak bapak Miskat yang mempunyai hewan ternak seperti sapi agar tetap menjaga kebersihan kandang sapinya guna antisipasi terhadap penyakit mulut dan kuku hewan ternak yang sekarang ini sedang merebak di beberapa wilayah di Indonesia.


Selain itu juga ia mengajak para Rt/Rw dan tokoh masyarakat untuk mengigatkan warganya agar selalu menjaga kebersihan lingkungan dan kandang kandang hewan ternak yang ada di wilayah kelurahan pakistaji sehingaa dapat mencegah terjadinya penyakit hewan tersebut.


"Disampaikan bahwa hasil pemantauan di sejumlah warga yang memiliki sapi tidak ditemukan kasus penyakit mulut dan kuku(PMK) . Namun demikian kami tetap sampaikan himbauan kewaspadaan akan potensi penyakit tersebut" tutur bhabinkamtibmas Bripka Andrik Dwi.


Bripka Andrik juga menyampaikan kepada warga yang memelihara ternak sapi agar tidak usah resah dan panik karena penyakit PMK ini hanya menular ke jenis hewan berkuku dua saja seperti kambing , babi dan sapi. Dan apabila hewan ternaknya memiliki gejala klinis seperti PMK maka segera mungkin hubungi dinas terkait untuk ditindak lanjuti.


Kapolsek Wonoasih Kompol Sumarjo S.Pd , MM mengatakan dengan adanya kasus penyakit mulut dan kuku yang menyerang hewan ternak seperti Kambing, sapi, dan Babi pihaknya melakukan langkah pemantauan. Pemantauan dilakukan di sejumlah warga yang memelihara hewan ternak seperti dan kambing sapi diwilayah Kota Probolinggo khusunya wilayah hukum polsek wonoasih.


“Dengan adanya potensi penyakit tersebut kami akan terus melakukan pemantauan. Selain itu, berkoordinasi dengan pemilik sapi maupun dinas terkait. Termasuk melibatkan Bhabinkamtibmas untuk memantau di desa dan kelurahan binaan masing-masing,” Ujarnya.


Kapolsek juga  menghimbau kepada pemilik hewan ternak sapi untuk waspada akan penyakit mulut dan kuku yang dapat menyerang ternak. Apabila ditemukan kasus tersebut agar segera melapor,, serta menghimbau kepada pemilik ternak sapi untuk selalu menjaga kebersihan hewan dan kandang, hal tersebut untuk mengantisipasi dan mencegah penyebaran penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada Sapi” jelasnya.

No comments