Header Ads

Kanit Intelkam Polsek Wonomerto Dialogis Dengan Kepala Desa Sampaikan Himbauan Kamtibmas



Wonomerto - Dalam rangka menjalin silaturahmi dan kemitraan antara petugas kepolisian dengan para tokoh agama, tokoh masyarakat dan elemen lainnya yang ada ditengah tengah masyarakat guna untuk mencegah paham radikalisme dan terorisme serta gangguan Kamtibmas lainnya, personil Polsek Wonomerto secara rutin melaksanakan giat Patroli dialogis.


Kegiatan patroli dan dialogis bersama tokoh masyarakat tersebut seperti yang dilaksanakan Kanit Intelkam Polsek Wonomerto Aiptu Bambang Sugeng, yang pada siang ini melaksanakan tatap muka dan silaturahmi bersama tokoh masyarakat sekaligus Kepala Desa Patalan H. Fathurrozzi, Senin (25/04/2022).


Dalam kesempatan tatap muka dan dialogis tersebut, Aiptu Bambang mengajak tokoh masyarakat untuk mencegah masuk dan berkembangnya paham radikalisme dan terorisme karena paham tersebut menginginkan terjadinya perubahan ideologi negara dengan menghalalkan segala cara yang memaksakan kehendak sampai pada tindakan kekerasan. Selain itu peran serta tokoh masyarakat dalam menggerakkan warganya agar disiplin dalam melaksanakan protokol kesehatan sangat diharapkan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid 19 diwilayah kecamatan Wonomerto.


“Adapun yang menjadi sasaran dari kelompok yang mengembangkan paham radikalisme dan terorisme tersebut adalah para pemuda dan remaja yang sedang mencari jati diri sehingga akan mudah untuk mengikuti ajakan mereka,” kata Aiptu Bambang.


Selain itu warga dihimbau agar disiplin dalam melaksanakan protokol kesehatan seperti menggunakan masker ketika keluar rumah, hindari kontak fisik, jaga jarak dan rajin cuci tangan setelah beraktivitas, imbuhnya.


Ia menjelaskan bahwa Polri sebagai ujung tombak dalam pemberantasan tindak pidana terorisme tidak akan pernah berhasil tanpa adanya bantuan dan juga peran serta dari para tokoh agama dan tokoh masyarakat yang peduli terhadap lingkungan, adapun bentuk dukungan dari masyarakat tersebut dapat berupa mengaktifkan kembali Siskamling, melakukan pendataan terhadap warga pendatang baru baik yang kos maupun di rumah kontrak, meningkatkan kewaspadaan di lingkungan dan segera melaporkan kepada ketua Rt, Rw dan Bhabinkamtibmas apabila menjumpai orang asing yang mencurigakan.


“Kami minta bantuan para tokoh masyarakat dan tokoh agama yang ada diwilayah kecamatan Wonomerto agar selalu bersinergi dengan petugas keamanan dan segera melaporkan ke aparat keamanan bila ada sesuatu hal yang bisa menimbulkan terjadinya gangguan Kamtibmas,” pesan Aiptu Bambang.


Kapolsek Wonomerto Iptu Bambang Hartono yang mewakili Kapolres Probolinggo Kota AKBP Wadi Sa'bani, S.H., S.I.K, saat dikonfirmasi ditempat terpisah menyampaikan kegiatan patroli dialogis bersama tokoh masyarakat bertujuan untuk mencegah masuk dan berkembangnya Paham Radikalisme yang anti pancasila serta gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) dan menggugah kesadaran masyarakat agar disiplin melaksanakan protokoler kesehatan utamanya diwilayah Kecamatan Wonomerto.


Lebih lanjut, Kapolsek menjelaskan untuk memaksimalkan pelaksanaan Harkamtibmas, Polsek Wonomerto secara berkesinambungan melakukan dialogis untuk membangun komunikasi bersama masyarakat yang berisikan pesan-pesan Kamtibmas maupun pertanyaan seputar antisipasi bahaya paham radikal yang saat ini serta mengedepankan protokoler kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid 19.

No comments