Header Ads

Antisipasi Kegiatan Masyarakat Pada Sore Hari Menjelang Buka Puasa, Polsek Wonoasih Laksanakan Patroli




Polsek wonoasih - Ngabuburit merupakan salah satu tradisi masyarakat di daerah mana pun termasuk kota probolinggo. Ngabuburit ini merupakan kegiatan menunggu azan magrib menjelang berbuka puasa pada waktu bulan Ramadan. Banyak kegiatan yang dilakukan saat ngabuburit seperti jalan-jalan, bermain, bercengkerama, mendatangi pasar kuliner atau menghabiskan waktu di tempat tongkrongan.


Dalam menjaga situasi dan kondisi yang aman kondusif pada saat Ngabuburit, Polsek Wonoasih Polres Probolinggo Kota melaksanakan Patroli pada sore hari ke beberapa tempat wilayah hukum polsek wonoasih yang dinilai rawan kemacetan dan terjadinya gangguan kamtibmas. Jum'at (15/04/2022).


Kegiatan patroli menjelang buka puasa tersebut bertujuan guna mencegah terjadinya gangguan Kamtibmas seperti aksi balap liar, penggunaan petasan, serta tindak kriminalitas lainnya. Dalam kegiatan tersebut, petugas juga mengimbau kepada masyarakat untuk selalu mematuhi protokol kesehatan pada saat ngabuburit, serta antisipasi kerumunan yang berlebihan, hal itu dilakukan dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19.


Patroli ini dilakukan setiap hari selama bulan Ramadhan, sasarannya adalah sejumlah titik-titik keramaian warga berburu takjil dan ngabuburit. Seperti di sepanjang Jalan Mastrip , pasar buah Jrebeng Wetan dan beberapa titik lainnya yang disinyalir banyak warga berkerumun.


Anggota patroli Polsek Wonoasih Polres Probolinggo Kota Bripka Devi Ari mengatakan bahwa kegiatan patroli ngabuburit ini merupakan perintah langsung dari Kapolres Probolinggo Kota yang diteruskan kepada jajaran Kapolsek , kegiatan ini dilakukan untuk menjaga kondusifitas wilayah Polres Probolinggo Kota agar masyarakat tenang dan aman dalam menjalankan ibadah puasa.


Kapolsek Wonoasih Kompol Sumarjo S.Pd , MM mengatakan, pihak Kepolisian tidak melarang warga untuk ngabuburit. Namun petugas hanya menekankan agar warga tetap mematuhi protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19.


“Kita mengimbau kepada masyarakat supaya tetap patuh prokes dengan memakai masker, menjaga jarak dan tidak membuat kerumunan. Kita juga menghimbau warga untuk saling menjaga kondusifitas keamanan dan ketertiban di bulan Ramadhan saat ini ,” pungkas Kapolsek Wonoasih.

No comments