Header Ads

Petugas Patroli Polsek Wonoasih Kontrol Ketinggian Air Sungai Antisipasi Banjir

 


Polsek Wonoasih - Cuaca yang tidak menentu dan derasnya hujan hari Minggu kemarin dikhawatirkan debit air sungai diwilayah polsek wonoasih Wonoasih Polres Probolinggo Kota meningkat sehingga Aiptu Teguh Sujawardi dengan anggota Spkt Polsek wonoasih Polres Probolinggo Kota kontrol aliran sungai atau debit air diwilayah hukum Polsek Wonoasih pada malam hari. Minggu (06/02/2022)

 

Ka Spkt polsek Wonoasih Aiptu Teguh mengatakan bahwa kita cek debit air untuk deteksi dini bencana kebanjiran agar tidak berimbas ke pemukiman warga dan juga membanjiri jalan raya sehingga dapat mengakibatkan kemacetan arus lalu lintas.

 

Petugas juga mengingatkan warga yang tinggal disekitar sungai untuk waspada dan berhati hati karena curah hujan tinggi tidak menutup kemungkinan sewaktu waktu air sungai bisa meluap baik dari hujan itu sendiri maupun kiriman lahar dingin dari dataran tinggi.Dan apabila debit air mulai meningkat  agar warga segera melaporkan ke Polsek wonoasih maupun bhabinkamtibmas.

 

"Kami menekankan kepada masyarakat agar dalam menghadapi cuaca yang berubah ubah kita selalu waspada dan siaga bencana, perhatikan lingkungan dengan menebang pohon yang rentan akan tumbang dan membahayakan masyarakat sekitar" Ucap Aiptu Teguh.

 

Aiptu Teguh juga memberikan himbauan kepada warga agar tetap menjaga protokol kesehatan dikarenakan sekarang masih dalam sitiasi pandemi

" Kami juga akan sering mengingatkan warga untuk tetap menjalankan prokes guna memutus mata rantai penyebaran virus covid 19 " ujarnya.

 

Patroli ini sendiri merupakan satu kegiatan Kepolisian yang dilakukan oleh anggota Polri, sebagai upaya dalam mencegah terjadinya gangguan Kamtibmas yang disebabkan baik dari potensi gangguan alam dan gangguan nyata oleh manusia dengan cara memantau dan memperhatikan situasi, dan  kondisi yang diperkirakan dapat menimbulkan police hazard yang memerlukan kehadiran Polri untuk melakukan tindakan-tindakan kepolisian.

 

Di tempat terpisah Kapolsek Wonoasih Kompok Sumarjo S.Pd , MM membenarkan bahwa anggota kita cek dan kontrol debit air dialiran sungai yang berada di wilayah hukum polsek wonoasih untuk mengantisipasi terjadinya bencana kebanjiran serta sebagai wujud pelayanan prima Kepolisian kepada masyarakat.

 

Terdapat 3 aliran sungai di wilayah polsek wonoasih seperti sungai kedunggaleng , legundi dan bungur yang rawan terjadinya luapan air, sehingga selama musim hujan anggota akan selalu patroli di wilayah terdapatnya sungai sungai tersebut.

 

" Diharapkan warga tetap waspada dan berhati hati , jaga kebersihan dan jangan membuang sampah di sungai agar tidak terjadi banjir " pungkasnya.

No comments