Header Ads

Kapolsek Wonomerto Monitoring Langsung Pelipatan Surat Suara Jelang Pilkades

 



Wonomerto - Menjelang pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak yang akan dilaksanakan pada tanggal 17 Februari 2022 mendatang, Polsek Wonomerto Polres Probolinggo mengamankan surat suara untuk Pilkades di 8 desa di wilayah Wonomerto yakni desa Patalan, Sumberkare, Tunggak Cerme, Jrebeng, Pohsangit Lor, Pohsangit Tengah, Pohsangit Ngisor, Kedungsupit.


Pengamanan pelipatan surat suara dilakukan oleh Polsek Wonomerto yang dipimpin langsung oleh Kapolsek Wonomerto Iptu Bambang Hartono untuk menghindari terjadinya kesalah pahaman diantara semua calon kepala desa (Cakades), sehingga peluang terjadinya gesekan antara calon satu dengan yang lain dapat diminimalisir.


“Berdasarkan perintah Kapolres Probolinggo Kota AKBP Wadi Sa'bani, S.H., S.I.K kepada Kapolsek jajaran agar selalu monitoring dan penggalangan. Tempatkan personil Polsek dan TNI (koramil) serta libatkan Linmas untuk pengamanan surat suara yang disimpan dibalai desa guna mencegah terjadinya tindak kecurangan dan tetap menjaga netralitas.” Ujar Kapolsek.


Disampaikan, dari semua desa di Kecamatan Wonomerto yang melakukan Pilkades, ada 8 desa. Monitoring serta pengamanan ini dilakukan dengan maksud agar ajang demokrasi pemilihan pemimpin desa ini bisa berjalan sesuai harapan. “Jadi Pilkades ini merupakan ajang demokrasi. Bukan untuk mencari permusuhan antara pendukung yang satu dengan yang lain,” pesan Kapolsek.


Demi menciptakan suasana yang kondusif sambungnya, Polsek Wonomerto juga akan diberikan anggota tambahan dari Polres Probolinggo Kota, untuk mengisi dan ditempatkan di masing-masing Tempat Pemunguntan Suara (TPS) pada saat hari “H” pencoblosan dan penghitungan suara.


Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memastikan bahwa jumlah surat suara harus sesuai dengan Daftar Pemilih Tetap dan cadangan surat suara harus sesuai dengan ketentuan yang ada.


”Ini merupakan perintah Pimpinan untuk memantau dan mengawasi terhadap desa yang melaksanakan pilihan kepala desa pada setiap tahapan,” jelas Kapolsek.


Dalam kegiatan ini Kapolsek Wonomerto juga menyampaikan himbauan–himbauan kepada panitia Pilkades agar setiap tahapan pilkades sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang ada serta sikap netralitas dari panitia harus benar–benar dijaga. Juga harus menerapkan protokol kesehatan agar aman dari Covid-19.


Diharapkan dengan akan diadakan kegiatan pilihan kepala desa ini situasi wilayah Wonomerto umumnya serta 8 desa yang melaksanakan pilkades khususnya tetap tercipta situasi wilayah yang aman sehingga warga masyarakat dalam melakukan aktivitasnya setiap hari merasa tenang dan nyaman.

No comments