Header Ads

Personil Polsek Wonomerto Kontrol Debit Air Sungai Pasca Hujan Deras

 


Wonomerto - Pada saat ini intensitas curah hujan yang terjadi di wilayah Kecamatan Wonomerto Kabupaten Probolinggo cukup tinggi yang dapat menyebabkan meluapnya air, seperti yang terjadi di bantaran Sungai Paser Desa Patalan.

 

Untuk itu, Polsek Wonomerto Polres Probolinggo Kota melakukan Kesiapsiagaan mengantisipasi terjadinya potensi banjir.

 

Adapun bentuk kesiapsiagaan tersebut ditunjukkan dengan menggelar Patroli Pengecekan Debit Air Sungai Paser Desa Patalan, yang dilakukan oleh Bripda Hafidh, Rabu (08/12/2021).

 

Patroli itu pun dilakukan pada kawasan Pemukiman di Jalan Dusun Dawuan Desa Patalan Kecamatan Wonomerto Kabupaten Probolinggo, yang memungkinkan juga untuk memantau ketinggian debit air.

 

Bripda Hafidh menjelaskan, pemantauan debit air dilakukan guna mengetahui kondisi maupun potensi akan terjadinya bencana banjir di beberapa kawasan Kecamatan Wonomerto terutama pada daerah yang berdataran rendah.

 

“Hingga saat ini ketinggian debit air Sungai Paser terpantau telah meningkat dari kondisi normalnya, yang diakibatkan oleh intensitas hujan beberapa hari belakangan ini di kecamatan Wonomerto,” terangnya.

 

Selain melakukan pemantauan, dirinya bersama personel pun menyampaikan imbauan dan pesan keselamatan kepada masyarakat yang bermukim maupun beraktivitas pada kawasan tersebut.

 

“Jaga keselamatan dan keamanan diri maupun keluarga masing-masing, karena saat ini ketinggian debit air Sungai sedikit meningkat, apabila terjadi suatu kerawanan agar segera melaporkannya pada pelayanan kepolisian,” imbaunya.

 

Melanjutkan imbauannya, Hafidh pun mengingatkan masyarakat sekitar agar senantiasa mematuhi protokol kesehatan dimasa Pandemi Covid-19 yang masih melanda hinga saat ini di Kabupaten Seruyan.

 

“Senantiasa memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menjauhi kerumunan, membatasi mobilitas dan interaksi saat beraktivitas sehari-hari, agar terhindar dari resiko penularan virus corona", katanya.

 

No comments