Header Ads

Kasat Binmas Polres Probolinggo Kota Laksanakan Pembinaan Terhadap Petugas Satpam

 


Satbinmas Polres Probolinggo Kota aktif melakukan pembinaan keamanan swakarsa atau binkamsa terhadap para petugas satuan pengamanan (satpam) untuk menciptakan situasi kondusif.

Kasat Binmas Polres Probolinggo Kota AKP Retno Utami mengatakan pembinaan ini dilakukan untuk meningkatkan kemitraan dengan satuan pengamanan dalam rangka bersama menciptakan situasi yang kondusif di masyarakat dengan pelatihan beladiri.

“Tujuan pembinaan satpam diberikan pelatihan beladiri untuk memberikan perlindungan diri. Sekarang kita latih satpam dari PT Berkat Subuh Transpor dalam menanggulangi kejahatan saat melaksanakan tugas,” ujar AKP Retno Utami, usai latihan bela diri di lapangan Karya Bhakti Kelurahan Tisnonegaran Kecamatan Kanigaran Kota Probolinggo, Selasa (14/12/2021).

Adanya bekal bela diri ini, lanjut Retno Utami, anggota satpam PT Berkat Subuh Transpor gelombang kedua bisa dipergunakan dalam ancaman mara bahaya nanti. Bahkan, dalam materi bela diri ini bisa memberikan pengetahuan akan pentingnya ilmu beladiri dalam bentuk pukulan, kuncian dan pemborgolan saat ada situasi yang mengancam.

“Latihan bela diri ini menjadikan profesional dalam melakukan tindakan jika terdapat ancaman pelaku kejahatan dan menciptakan situasi kamtibmas yang aman dan kondusif,” tandas Kasat Binmas.

 

 

Tak hanya itu, Kasatbinmas mengaku mereka juga diberikan materi bela diri Polri untuk meningkatkan kemampuan dalam menjaga situasi lingkungan di tempat mereka bertugas.

“Materi itu penting diberikan guna mensinergikan dan koordinasi satpam dalam tugas sebagai mitra Polri dalam menjaga kondusifitas wilayah,” ucap Retno Utami.

Untuk itulah, Retno Utami berharap dari kegiatan binkamsa yang sudah dilaksanakan selama ini pada beberapa satuan kerja di wilayah hukum Polres Probolinggo Kota dapat meningkatkan sinergi dan kemitraan. “Karena peran serta rekan Satpam sangat penting dalam pengamanan,” tuturnya.

Sementara pelatih bela diri Ipda Rudi yang juga Kasi Propam Polres Probolinggo Kota mengatakan, para satuan pengamanan ini untuk selalu menjaga kewaspadaan dalam bertugas serta tetap menjaga kedisiplinan.

Satuan pengamanan merupakan perpanjangan tangan kepolisian dalam menjaga keamanan. Untuk itu, kedisiplinan wajib dimiliki setiap personel satuan pengamanan.

“Polres Probolinggo Kota sebagai wadah dan pembina satuan pengamanan di wilayah hukumnya, terus melatih kedisiplinan itu,” terangnya.

Selain memberikan arahan, langsung memberikan materi latihan beladiri sehingga para satpam ini mampu melumpuhkan apabila adanya gangguan kamtibmas di wilayah kerjanya.

“Kami secara periodik memberikan pelatihan-pelatihan dan imbauan kepada para satpam. Ke depannya mampu mengantisipasi adanya gangguan kamtibmas di wilayah tempat mereka bekerja,” pungkas Rudi.

No comments