Header Ads

Dalam Rangka Pengamanan Nataru,Kasat Lantas Polres Probolinggo Kota Larang Konvoi Dan Arak-Arakan

 




Jelang natal dan tahun baru di Wilayah hukum Polres Probolinggo Kota, Kasat Lantas AKP Rony Faslah  melarang masyarakat konvoi dan arak-arakan di jalan raya. Hal itu dilakukan untuk menghindari kerumunan dan kemacetan lalulintas.

 

“Untuk konvoi dan arak-arakan pastinya tidak diperbolehkan, apalagi sekarang pandemi Covid-19 belum juga berakhir,” ujar Kasatlantas Polres Probolinggo Kota AKP Roni Faslah, usai mengikuti vidcon bersama Ditlantas Polda Jatim dalam rangka operasi pengamanan Nataru/Lilin Semeru, Senin (13/12/2021).

Roni Faslah berpesan kepada warga Kota Probolinggo lebih baik diam di rumah saja, melakukan kegiatan positif dari pada melakukan sesuatu yang tidak ada manfaatnya.

Beberapa kegiatan wajib saat tahun baru seperti pesta kembang api, panggung hiburan, arak-arakan, konvoi dan lainnya, tidak akan diperbolehkan karena dapat menimbulkan kerumunan.

“Intinya kita sudah menghimbau dari awal bahwa masih pandemi tidak boleh, tidak boleh ada kerumunan dan konvoi, kalau misalnya ada itu, kita tegas akan bubarkan, kita suruh balik kanan pulang,” tandasnya.

 

 

Kasatlantas mengaku sudah menyiapkan posko pelayanan dan posko pengamanan di beberapa lokasi sehingga dapat melakukan pengamanan secara maksimal guna menciptakan Ketertiban dan keamanan masyarakat yang aman dan kondusif.

Selain melakukan sosialiasi larangan pelaksanaan arak-arakan atau konvoi, pihak Satlantas Polres Probolinggo Kota akan melakukan rekayasa arus lalu lintas yang terfokus di tempat- tempat yang berpotensi terjadi kerumunan.

Yakni, alun-alun, Geladak Serang, dan Ruang Terbuka Hijau Perkotaan (RTHKP) Maramis, pada tanggal 31 Desember 2021 sekitar pukul 16.00 WIB sampai tanggal 1 Januari 2022 pukul 06.00 WIB.

“Kami akan maksimalkan pengamanan dalam libur Nataru nanti. Apalagi telah melihat sejumlah titik keramaian yang kemungkinan akan terjadi pada malam tahun baru,” ucap Roni Faslah.

Begitu juga, Roni Faslah meminta agar para personil menjalankan tugas secara preemtif dan preventif dengan humanis, dan simpatik sesuai Polri yang Presisi.

“Saya mengingatkan kepada seluruh personel yang bertugas di lapangan, agar melaksanakan tugas pengamanan Nataru ini secara preemtif dan preventif sehingga tercipta suasana humanis dan simpatik dengan sebaik-baiknya, serta penuh tanggung jawab,” pintanya.

Meski demikian, Kasatlantas akan memberikan edukasi kepada masyarakat tentang protokol kesehatan dan tertib berlalu lintas, membagikan masker dan melaksanakan swab antigen, meminimalisir gangguan Kamtibmas seperti balap liar dan polusi suara knalpot bising, dan melaksanakan manajemen lalu lintas.

“Personel juga diminta untuk menjaga keselamatan diri dalam melaksanakan tugas, dan tetap waspada. Fokuskan 50 persen mengedepankan tindakan preemtif dan 50 persen tindakan preventif,” pungkas Roni Faslah.


No comments