Header Ads

Polsek Wonoasih Himbau dan Ingatkan Warga Waspada Pencurian Sapi

 


Polsek Wonoasih.Hewan ternak seperti sapi dan kambing menjadi komoditas yang diincar oleh pencuri. Anggota Polsek wonoasih yang pada saat melaksanakan patroli malam menemui pedagang sapi dan warga yang menunggu truk jemputan di pasar sapi Kelurahan Jrebeng Kidul kecamatan Wonoasih. Selasa (02/11/2021).

 

Dua personil polsek wonoasih Bripka Fauzan dan Bripka Sirait yang sedang patroli sambang ke pasar sapi dan dialogis dengan warga yang kebetulan lagi menunggu jemputan. Asan warga asal lumajang dengan beberapa orang yang pada waktu itu berada di pasar sapi wonoasih untuk menjual sapi dagangannya.Bripka Fauzan meminta warga khususnya yang memiliki hewan ternak agar mewaspadai perilaku pencurian ternak. Menurut Bripka Fauzan, pelaku kerap beraksi ketika menjelang Idul Adha karena pada momen Hari Raya Qurban, hewan ternak seperti sapi dan kambing menjadi komoditas yang laku di pasaran."Bagi masyarakat yang mempunyai hewan ternak, agar mewaspadainya. Apalagi mendekati lebaran Idul Adha" ujarnya.

 

Fauzan menyebut pelaku pencurian ternak biasanya mengincar hewan yang tidak terikat atau yang dibiarkan pemiliknya berkeliaran bebas atau mengincar ketika pemiliknya lengah atau tertidur pada saat malam hari. Bila masyarakat abai mengawasi, hewan ternaknya dapat raib digondol pencuri ternak.

 

Untuk mengantisipasi kejahatan ini, polisi meminta warga pemilik ternak tidak melepaskan hewan ternak secara bebas dan kemudian juga selalu mengawasi keberadaan ternak agar tidak terlalu berkeliaran jauh. Kemudian untuk di kandang, warga pemilik ternak juga disarankan memasang kunci ganda.

“Untuk mengantisipasinya, kami imbau pemilik ternak untuk selalu mengawasi sapi maupun kambing miliknya. Kalau bisa berikan kunci ganda di kandangnya,” ucap Fauzan.

 

Kemarin dalam kesempatan berbeda, Kapolsek Wonoasih Kompol H.Kuzaini S.H meminta warga yang memiliki hewan ternak agar selalu waspada terhadap pelaku pencurian hewan ternak, sesering mungkin untuk melihat keberadaan hewam ternaknya.apabila terjadi pencurian segeralah untuk melapor ke polsek setempat agar cepat dilakukan pengejaran oleh petugas dilapangan.

 

" Selalu waspada dan jangan lengah saat menjaga hewan ternak dan segera lapor ke polisi atau bhabinkamtibmas apabila terjadi pencurian hewan" tutur Kapolsek dengan tegas.

   Kapolsek juga menambahkan agar warga yang berada dipasar sapi tetap mematuhi protokol kesehatan karena penularan virus corona masih ada.tetap harus memperhatikan physical distancing atau jaga jarak. Warga juga diminta tidak menciptakan kerumunan. Menurut Kuzaini masyarakat harus sama-sama menyadari bahwa saat ini wilayah probolinggo kota belum sepenuhnya aman dari Covid-19. 

   Walau sudah new normal, warga masih terancam tertular virus corona bila lalai dalam menerapkan protokol kesehatan. “Ini penting dilakukan karena bisa memutus rantai penyebaran virus Covid-19 yang masih merebak di Tanah Air. Semoga Covid-19 cepat berlalu dan kita semua terhindari dari bahaya,” ucap Kapolsek Wonoasih.

No comments