Header Ads

UKW Digelar Pertama Kalinya di Probolinggo, Kapolresta Probolinggo Titipkan Pesan

 

Untuk pertama kalinya, Uji Kompetensi Wartawan (UKW) digelar di Probolinggo. UKW 2021 yang digelar PWI Perwakilan Probolinggo, menjadi sejarah. Selain diadakan pertama kali di Probolinggo Raya, juga digelar di tengah pandemi covi-19. Dengan kondisi itu, panitia dan peserta serta penguji terapkan protokol kesehatan (prokes) ketat. Selain wajib menggunakan masker, semua peserta wajib sudah suntik vaksin.

 

Setidaknya ada 18 wartawan yang bakal mengikuti UKW 2021 Probolinggo. mereka terdiri dari 2 kelas. Sebanyak 6 peserta untuk UKW kelas madya dan 12 peserta UKW kelas Muda.

 

Kegiatan UKW sendiri dilaksanakan di Gedung Balai Hinggil dengan mengundang Forkopimda baik Kota maupun Kabupaten Probolinggo. Kapolres Probolinggo Kota AKBP R.M. Jauhari, S.H., S.IK., M.Si. turut hadir secara langsung dalam kegiatan seremoni pembukaan.

 

Ketua PWI Perwakilan Probolinggo, HA. Suyuti mengatakan UKW ini menjadi syarat bagi wartawan sesuai ketentuan yang telah ditetapkan oleh Dewan Pers. Sekaligus, untuk mengasah dan memastikan wartawan tersebut memiliki kompeten dalam bidang jurnalistik.

 

”UKW ini di Kepolisian ibarat SIM, namun bagi kami adalah Surat Ijin Menulis. Kami berharap dengan adanya UKW ini, akan ada bedanya mana wartawan yang sudah lulus uji kompetensi dan mana yang tidak sehingga nantinya akan didapat wartawan yang profesional ,” terangnya.

 

Kapolres Probolinggo Kota sendiri saat dikonfirmasi menjelaskan bahwa Forkopimda secara umum dan Polres Probolinggo Kota secara khusus sangat mendukung adanya kegiatan Ujian Kompetensi Wartawan yang digelar oleh PWI.

 

“ Disinilah cikal bakal lahirnya wartawan wartawan yang profesional, bermoral dan beretika. Jadi kegiatan seperti ini saya harapkan berkelanjutan karena dengan ini kita bisa menyeleksi bagaimana wartawan yang bertugas di lapangan betul betul menguasai bidang profesinya sehingga diharapkan mampu memberikan kebaikan bagi kita semua “, tandasnya.

No comments