Header Ads

Bripka Heidy Peternak Lele, Inspirator Polisi Yang Akan Purna Tugas

 

Kreativitas anggota Polri yang berdinas di Polres Probolinggo Kota ini patutlah diapresiasi. Berkat keuletannya usaha budidaya ikan lele, Bripka Heidy Lingga ini mampu menghasilkan pundi-pundi rupiah yang cukup menjanjikan.

Bahkan anggota Polri berusia 35 tahun tersebut, pernah dipercaya oleh Polda Jatim untuk memberikan pelatihan budi daya lele, bagi kalangan anggota Polri yang masih aktif, maupun mereka yang memasuki purna tugas agar memperoleh peruntungan yang sama.

Anggota Polri yang tinggal di jalan Yos Sudarso Desa Pabean Kecamatan Dringu, Kabupaten Probolinggo ini memanfaatkan lahan kosong seluas kurang lebih 25x15 meter persegi yang berada di belakang rumahnya, memulai budi daya lelenya sejak tahun 2009. 

Bripka Heidy mengungkapkan, awalnya budi daya lele yang digarapnya hanya menggunakan 1 kolam, berkapasitas 5000 ekor lele. Namun setelah mampu dikembangkan, jumlah penampungan budi daya lele-nya kini mencapai 36 kolam.

"Seiring berjalannya waktu, alhamdulillah budi daya lele kami semakin berkembang, dimana kapasitasnya mencapai 80-100 ribu ekor," kata Heidy, Jum'at 29 Oktober 2021 kepada Tribratanews.

Selain itu, keuntungan bersih yang diterimanya dari budi daya lele tersebut, mencapai sekitar Rp 10 juta perbulan. Untuk pemasaran sendiri, Bripka Heidy mengaku tak kesulitan karena sudah ada pengepul yang datang.

Heidy menjelaskan, agar budi daya lele-nya berhasil, ia menggunakan sistem bioflok dan prebiotik rabal. Lewat sistem ini, sarana budidaya lele bisa menghemat tempat. Sedangkan sistem prebiotik rabal, mempercepat proses pembesaran lele, sehingga masa panennya juga lebih cepat.

"Pakai sistem prebiotik rabal, masa pembesaran benih lele hanya membutuhkan 2,5 bulan. Sedangkan kalo pakai sistem biasa, masa panen bisa mencapai 3 bulan bahkan lebih," ia menerangkan.

Ditanya soal dampak Pandemi Covid-19, Bripka Heidy mengaku kalau tidak terlalu berdampak pada usahanya. Bahkan permintaan pasar sendiri, masih tetap stabil seperti biasanya. Ia juga mengaku bersyukur dan semakin termotivasi, setelah dirinya dipercaya kesatuannya memberikan pelatihan bagi sesama anggota Polri. 

Ia berharap, pelatihan yang telah diberikannya dapat berguna nantinya. "Semoga mereka yang telah mendapatkan pelatihan, bisa mengembangkan ilmunya nantinya. Sehingga bisa sama-sama berwirausaha dan mandiri, utamanya bagi para Anggota Polri yang memasuki purna tugas," ia memungkasi.

Seperti diketahui sebelumnya, Bripka Heidy dan istrinya dipercaya oleh Polda Jatim untuk memberikan pelatihan bagi calon dan juga purnawirawan Polri. Acara Latram budi daya lele tersebut mengambil tema Pensiun Siap Bahagia sehat, ikhlas, aktivitas bermanfaat dan produktif.

No comments