Header Ads

Polres Probolinggo Kota Gelar Test Kesamaptaan Jasmani Rutin

 


Polres Probolinggo Kota melaksanakan Tes Kesamaptaan Jasmani (TKJ) berkala di Gor Bayuangga Kota Probolinggo, Kamis (23/09/2021).

 

Tes Kesampataan Jasmani  berkala ini dilaksanakan dalam rangka mengukur kondisi fisik dan kesehatan jasmani personel sehingga wajib diikuti oleh seluruh personil Polres Tegal," Kata Kapolres Probolinggo Kota AKBP R.M Jauhari melalui Kabag Sumda Kompol Saiful Rizal.

 

Menurut Kabag, TKJ dibagi menjadi 4 sesi mulai hari Rabu sampai hari Sabtu, dengan 2 gelombang. Kabag juga mengatakan sebelum mengikuti rangkaian kegiatan TKJ, seluruh peserta wajib mengikuti pemeriksaan kesehatan sesuai protokol kesehatan (prokes) Covid-19 oleh personil bagian Siedokkes.

 

Rangkaian TKJ ini meliputi lari 12 menit, push up, sit up, pull up, dan shuttle run dan pengukuran indeks massa tubuh. Kondisi tubuh anggota Polri harus sehat dan ideal.

 

" Kegiatan TKJ bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kondisi fisik dan kesehatan setiap personil Polri dan menjadi tolak ukur kekuatannya setiap enam bulan sekali," ungkapnya.

 

Lanjut Kabag, kegiatan ini salah satu faktor pendukung pengembangan karier personel Polri.  Hasil TKJ antara lain dapat digunakan untuk persyaratan pengusulan kenaikan pangkat dan pendidikan pengembangan (Dikbang) bagi anggota Polri. Nilai TKJ sangat berpengaruh bagi karier personil kepolisian di masa yang akan datang.

 

"Kegiatan TKJ ini  bertujuan untuk mengukur sejauh mana kondisi dan kemampuan fisik personil Polri untuk selalu siap siaga dalam melaksanakan tugas di lapangan," paparnya.

 

Tambahnya, dengan digelar TKJ ini dapat dilihat sejauhmana kondisi kesehatan personil secara periodik setiap enam bulan sekali. TKJ juga bertujuan untuk menjaga kesehatan dan kondisi fisik personil Polri.

 

"Dengan jasmani yang sehat, maka personil Polri akan mampu melaksanakan tugas pokok secara maksimal. Yakni melindungi, mengayomi dan melayani masyarakat dalam hal penegakan hukum,” pungkas  Kabag.

No comments