Header Ads

Petugas Gabungan Polres Gelar Rapid Test Antigen Bagi Warga Madura Yang Menyeberang ke Kota Probolinggo

 


Kasus COVID-19 di Bangkalan melonjak. Sehingga warga Madura yang menyeberang ke Probolinggo melalui pulau Gili akan dites swab antigen. Swab antigen digelar di Pelabuhan Tanjung Tembaga, Kota Probolinggo. Tes dilakukan untuk mencegah penularan COVID-19.

 

Petugas gabungan dari Polres Probolinggo Kota dan Kodim 0820, Satpol Air Polres Probolinggo, Syahbandar Pelabuhan Tanjung Tembaga, hingga Kantor Kesehatan Pelabuhan Tanjung Tembaga melakukan screening pada penumpang.

 

Penumpang yang datang dari Madura melalui Gili maupun yang akan menyeberang ke Madura wajib menjalani swab antigen. Tes sudah disediakan oleh kantor kesehatan pelabuhan.

 

"Kita antisipasi penyebaran COVID-19 dari jalur laut. Kita perketat semua pintu masuk dari penyebarangan kapal. Semua penumpang dan kru kapal kita rapid antigen semuanya," ujar Iptu Suyanto, Kapolsek Sumberasih (10/06/2021).

 

Kapolsek juga mengatakan, bagi warga asli Gili yang hendak menyeberang ke Kota Probolinggo dan kedapatan tidak menggunakan masker, akan langsung diikutkan test swab.

 

Kantor kesehatan pelabuhan saat ini menyediakan sekitar 2 ribu rapid antigen, yang dikhususkan bagi penumpang kapal maupun nelayan tujuan antarpulau.

 

Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan Tanjung Tembaga Kota Probolinggo, Jumali mengatakan, pihaknya akan memberikan pelayanan kesehatan terbaik, untuk mengantisipasi penyebaran COVID-19 via jalur laut. Sebab, di Jembatan Suramadu ada penyekatan, sehingga banyak warga Madura yang memilih lewat laut. Semua penumpang kapal asal Madura menjalani swab antigen.

 

"Jadi kita beri pelayanan kesehatan terbaik, dan memutus penyebaran COVID-19. Semua penumpang kapal asal Madura kita rapid antigen gratis. Karena dari Jembatan Suramadu diperketat, banyak warga lewat jalur laut," terang Jumali.

 

Ada dua pilihan bagi yang positif dalam rapid antigen. Bisa kembali ke daerah masing-masing atau dikarantina di rumah sehat dan ruang karantina, yang disediakan Pemerintah Kabupaten Probolinggo.

 

No comments