Header Ads

Polres Probolinggo Kota Tempel Stiker Ke Kendaraan Jika Pemudik Sudah Dinyatakan Bebas Covid

 


Kepolisian Polres Probolinggo Kota menempelkan stiker negatif Covid-19 pada kendaraan pemudik dalam pemeriksaan acak saat arus balik Lebaran 2021.Namun, stiker negatif Covid-19 Kasat lantas Polres Probolinggo Kota AKP Roni Faslah, hanya diberikan bagi pemudik yang membawa surat keterangan bebas covid dan surat keterangan perjalanan dinas.

 

“Bagi yang tidak membawa, bisa melaksanakan kegiatan swab di pos pam. Dan akan ditempelkan stiker bagi kendaraan pemudik yang memang negatif hasilnya,” ujar Kasat lantas, Rabu (19/05/2021) pagi.

 

Stiker negatif Covid-19 pada kendaraan pemudik, menurutnya tak dapat dipalsukan. Sebab, stiker tersebut memiliki barcode dari kepolisian.

 

 “Jika mereka sudah diperiksa maka akan ditempel stiker dengan barcode, sehingga tidak bisa dipalsukan,” ujarnya.

 

Pada praktiknya, menurut petugas akan menghentikan dan mengecek surat keterangan bebas covid yang memang wajib dibawa jika ingin masuk Kota Probolinggo. Jika tidak membawa, pemudik akan dilaksanakan pemeriksaan swab antigen dilakukan secara acak. Misalnya, isi mobil pemudik berjumlah lima orang, maka dua orang akan dilakukan pemeriksaan swab antigen.

 

“Jika ada yang positif,akan kita arahkan untuk putar balik atau isolasi di Rusunawa Mayangan,” ujar dia.

 

 “Sudah hampir ratusan kendaraan pemudik yang masuk ke Pos pemeriksaan di Exit Tol Muneng dan Rest Area Tongas,” kata dia.

 

Kasat berharap, kegiatan ini menjadi gerbang awal untuk mencegah penyebaran virus Covid-19 di Kota Probolinggo. Sebab, kata AKP Roni jangan sampai sehabis mudik, mereka yang masuk Kota Probolinggo justru membawa virus.

 

“Jangan sampai kasus penularan covid meningkat di Kota Probolinggo,” ucapnya.

 

 

 

 

No comments