Header Ads

Jelang Hari Raya Lebaran, Polres Probolinggo Kota Intensifkan Penyekatan Arus Mudik di Exit Tol Muneng dan Rest Area Tongas

 


Aparat Polres Probolinggo Kota melakukan penyekatan kendaraan pemudik yang melintas di wilayahnya. Kendaraan yang membawa pemudik akan diminta untuk putar arah. Pengawasan kendaraan dari luar daerah yang masuk ke wilayah Kota Probolinggo terus dilakukan dalam Operasi Ketupat Semeru 2021.

 

Hal tersebut disampaikan Kapolres Probolinggo Kota AKBP Raden Muhammad Jauhari, melalui Kasat Lantas AKP Roni Faslah.

 

“Kegiatan pos check point penyekatan Rayon Ops Ketupat Semeru 2021 Polres Probolinggo Kota yang berada di exit tol Probolinggo Barat Desa Muneng dan Pos Yan Rest Area Tongas rutin dilakukan hingga saat ini,” kata AKP Roni, Senin(10/05/2021).

 

Kasat Lantas mengatakan, salah satu tindakan yang dilakukan petugas kepolisian adalah melakukan penyekatan pemudik.Bahkan agenda penyekatan pemudik ini cukup ketat karena tersebar di jalur-jalur masuk wilayah, baik jalur masuk melalui tol maupun jalan arteri. Kasat menambahkan, untuk penyekatan, tidak hanya terkonsentrasi di Exit Tol Muneng saja, namun di wilayah Rest Area Tongas, juga dilakukan penyekatan sebagai langkah antisipasi agar warga yang hendak mudik ke Kota Probolinggo, untuk sekiranya bisa balik arah.

 

“Kami memastikan pelaksanaan penyekatan berjalan sesuai dengan SOP yang telah di tetapkan. Personi  di pos pam, yakni TNI, Polri, dinas perhubungan, dinas kesehatan, satpol PP, dan Senkom mitra Polri,” tandas AKP Roni.

 

Menurutnya, prosedur yang dilakukan petugas di pos-pos penyekatan tersebut adalah melakukan pemeriksaan kendaraan.

 

Kendaraan yang diketahui membawa pemudik akan diminta untuk putar arah. Sedangkan untuk kendaraan yang keluar dari exit tol Probolinggo barat akan diminta kembali masuk ke jalur tol.

 

Apalagi, kegiatan penyekatan di pos pam exit Tol Probolinggo Barat dan Pos Yan Rest Area tongas, dimulai pukul 08.30  hingga pukul 09.30. Hasilnya, kendaraan yang diperiksa terhadap 56 unit mobil penumpang, 24 unit mobil barang. Sedangkan untuk Rest Area Tongas kendaraan yang diperiksa sebanyak 22 mobil penumpang dan 9 unti mobil barang.

 

“Selama kegiatan berjalan lancar, dan petugas hadir lengkap sehingga situasi aman terkendali, serta kejadian menonjol Nihil,”ucap Kasat lantas

 

Disampaikan AKP Roni, sejauh ini sudah ada sejumlah kendaraan yang diharuskan putar arah karena kedapatan membawa pemudik.

 

“Hari-hari sebelumnya petugas Polres Probolinggo Kota juga telah menghalau masuknya kendaraan pengangkut pemudik masuk. Kegiatan tersebut dilakukan dalam masa pencegahan persebaran Covid 19.

 

 

 

No comments