Header Ads

Pilkades Serentak 2021 Aman Covid 19 Tahap I, Anggota Polsek Wonomerto Kawal Ketat Logistik Dan Pelipatan Surat Suara


Wonomerto – Personel Polsek Wonomerto Polres Probolinggo Kota bersama Panitia Pelaksana Pilkades Tingkat kecamatan terus laksanakan pengamanan pelipatan surat suara Pilkades serentak tahun 2021 aman Covid 19 di Kecamatan Wonomerto Hal tersebut dilakukan guna mengantisipasi timbulnya kecurangan dalam pelipatan dokumen rahasia negara ini, Selasa (20/04/2021).

 

Pelipatan surat suara sudah dimulai sejak surat Suara Pilkades serentak gelombang l tahun 2021, anggota polsek yang bertugas harus memeriksa setiap warga yang terlibat menjadi tenaga pelipatan surat suara Pilkades serentak 2021 tersebut.

 

Kapolsek Wonomerto, Polres Probolinggo Kota, AKP Agus Wahyono mengatakan, bahwa dalam kegiatan pelipatan surat suara di Kantor Kecamatan Wonomerto yang mana dibagi menjadi 4 ruangan, yang mana masing-masing ruangan ditempati oleh panitia pilkades 4 desa yaitu Desa Sepuhgembol, Wonorejo, Kedungsupit, dan Kareng Kidul. Pihaknya melakukan pengamanan untuk mengawasi setiap proses pelipatan surat suara Pilkades serentak gelombang l tahun 2021 guna antisipasi adanya kecurangan atau gangguan lain yang dapat menghambat pesta demokrasi di ajang Pilkades Serentak tanggal 02 Mei 2021 mendatang. Petugas juga tak lupa untuk menekankan kepada panitia pilkades untuk selalu mengedepankan Protokol Kesehatan agar memutus penularan Covid-19.

 

Adapun jumlah logistik pilkades serentak Kecamatan Wonomerto :

1. Kotak suara : 34 buah

2. Bener hasil hitung suara : 34 lembar

3. Alat coblos beserta ATK : 68 paket

4. Bilik suara : 68 buah

5. Daftar nama DPT masing masing TPS : 34 buah

6. Surat Suara : 11.800 lembar ( DPT + 5% dari DPT)

 

Menurut Kapolsek Wonomerto AKP Agus Wahyono pengamanan pelipatan surat suara di Kantor Kecamatan Wonomerto dimaksudkan untuk menghindari terjadinya permasalahan dengan surat suara, baik dalam bentuk surat suara hilang maupun potensi penyalahgunaan terhadap material surat suara tersebut.

 

Segala gangguan tetap kami upayakan untuk mengantisipasi. Maka dari itu Kapolsek Wonomerto terjunkan sejumlah personel di lokasi, baik melalui Pengamanan terbuka Personil Berseragam lengkap maupun tertutup oleh petugas berpakaian preman. Serta di kantor Kecamatan Wonomerto juga dijaga ketat selama 1×24 jam.

 

Adapun metode pengamanan dilakukan dari tahap awal yaitu sterilisasi dan dilanjutkan pemeriksaan tenaga pelipatan. Pemeriksaan sendiri dimulai dari petugas pelipat memasuki tempat hingga meninggalkan tempat pelipatan sampai surat suara diamankan oleh petugas Panitia Pelaksana Pemilihan Kepala Desa tingkat Kecamatan tetap diawasi petugas Kepolisian sektor Wonomerto.

 

Pengamanan ini wajib kami lakukan untuk menjaga Pemilihan Kepala Desa serentak gelombang l Aman Covid 19 tahun 2021 di Kecamatan Wonomerto berjalan dengan lancar, aman dan damai.

No comments