Header Ads

Terima Aksi Solidaritas Aliansi Jurnalis Probolinggo, Ini Yang Disampaikan Kapolres Probolinggo Kota

 


Aliansi Jurnalis Probolinggo melakukan aksi solidaritas ke Kantor DPRD Kota Probolinggo, Kamis (18/03/2021).  Aksi ini adalah buntut dari kejadian yang menimpa Andi Nurkholis, wartawan JTV yang sedang liputan kunjungan Menteri Kelautan dan Perikanan RI di Tambak Udang Vaname Melinial, Kecamatan Kendit, Kabupaten Situbondo.

 

Sambil membawa poster berbagai tulisan, para jurnalis meminta kepada pihak-pihak terkait untuk tidak melecehkan profesi jurnalis yang dalam menjalani tugasnya di lindungi dengan UU N0 40 tahun 1999 tentang Pers.

 

"Kami ingin menyuarakan aspirasi Pers Probolinggo Raya membela teman kami salah satu wartawan JTV di Bondowoso, saat meliput kunker Menteri KKP, kejadiannya saat Menteri KKP melakukan pengecekan kolam ikan, dari wartawan JTV ingin mengambil gambar namun oleh salah seorang pengawal Menteri KKP dari masyarakat sipil (bukan dari anggota TNI Polri), " jelas Ketua Jispro, Romadhona.

 

Ketua Jispro juga mengharap agar DPRD Kota Probolinggo menyampaikan aspirasi agar menyampaikan ke pemerintah pusat, terkait tugas pengamanan agar tidak menghalangi tugas jurnalistik.

 

Wakil Ketua 1 DPRD Kota Probolinggo Haris Nasution, mewakili pimpinan DPRD mengucapakan terimakasih kepada rekan media, karena tugas DPRD menerima aspirasi dan mencatat untuk disampaikan ke Pemerintahan Pusat.

Haris Nasution juga mengatakan akan menyampaikan mekanisme protap pengawalan, tidak hanya  ke DPR pusat melainkan ke kementrian terkait (KKP) apalagi menggunakan pengamanan yang bukan dari unsur TNI Polri.

 

“Semoga ada hikmah atas kejadian di Situbondo, kami DPRD Kota Probolinggo dipilih oleh teman media, sehingga wajib menyampaikan kepada kementrian terkait, agar dilakukan evaluasi dan tidak terjadi lagi insiden terhadap media.” terang Haris Nasution

 

Turut hadir Kapolres Probolinggo Kota AKBP R.M Jauhari S.H., S.I.K., M.Si saat menerima aksi solidaritas, mengucapkan terimakasih kepada rekan media yang selalu komunikatif dan memberikan informasi, menujukkan media sampai saat ini selalu bekerja secara profesional.

 

“Semoga kejadian tersebut tidak terjadi di wilayah Kota Probolinggo, dan komunikasi serta sinergi dengan Polres Probolinggo Kota bersama Jurnalis tetap terjaga dengan baik", terangnya.

 

Selesai audensi perwakilan jurnalis menyerahkan pernyataan sikap kepada Wakil Ketua 1 DPRD Kota Probolinggo untuk disampaikan kepada Pemerintah Pusat yang intinya sebagai bentuk dukungan kepada rekan media dan evaluasi pada kegiatan pengawalan pejabat.

No comments