Header Ads

Datangi Ruang Tahanan Mapolres, Ini yang Disampaikan Kapolres Probolinggo Kota

 


Kepolisian Resort Probolinggo Kota memiliki Standar Operasional Prosedur (SOP) dalam memperlakukan tahanan di Rutan Mapolres. SOP ini berpijak kepada regulasi dan penghargaan terhadap Hak Asasi Manusia (HAM).

 

Meskipun berstatus sebagai tahanan, sudah selayaknya mereka diperlakukan secara manusiawi. Mulai dari ruang tahanan yang relatif bersih berikut Kamar mandi, makan hingga ibadah.

 

Seusai shalat Jumat Kapolres Probbolinggo Kota AKBP R.M Jauhari S.H., S.I.K., M.Si bersama dengan Wakapolres Kompol Teguh Santoso mengecek ruang tahanan mapolres Probolinggo Kota, Jumat (22/01/2021) siang.

 

Kapolres menjelaskan bahwa pemenuhan hak-hak para tahanan merupakan Protap wajib dilakukan oleh petugas jaga tahanan. Semua harus diperlakukan humanis. Kapolres juga menerangkan, selain kebersihan dan makanan, jajaran Polres Probolinggo Kota secara rutin melaksanakan kegiatan binrohtal. Kegiatan tersebut sangat penting dilaksanakan karena peningkatan iman dan takwa bisa membuat para tahanan merasa dekat Tuhan yang maha Esa.

 

Namun demikian, lanjut Kapolres, kedisplinan dan pengawasan ketat tetap dilakukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti melarikan diri, bertikai antar tahanan ataupun hal hal lain yang tidak diinginkan.

 

”Seminggu sekali, kita selalu cek kesehatan mereka. Petugas medis dari Urkes Polres Probolinggo Kota.” Jelas AKBP R.M Jauhari.

 

Masih kata Kapolres, jika terdapat tahanan yang sakit ringan langsung diberikan obat jalan. Sedangkan yang memiliki riwayat sakit berat akan diberikan rujukan di urkes atau rumah sakit terdekat.

 

“Saya harapkan para penghuni tahanan mapolres bisa menjaga kesehatan dan imunitas mereka. Karena sekarang masih masa pandemic. Penerapan protokol kesehatan tetap harus dilaksanakan.” Pungkasnya

 

 

 

No comments