Header Ads

Kunjungi Ketua FKUB, Kapolres Harapkan Peran Vital Tokoh Agama Untuk Menjaga Kamtibmas

Peran Forum Kerukunan Umat Beragama di tengah situasi saat ini sangat penting guna terciptanya masyarakat yang damai dan toleran. Untuk itu, Kapolres Probolinggo Kota AKBP Raden Muhammad Jauhari, S.H., S.I.K., M.Si bersilaturahmi ke kediaman Ketua FKUB  Kota Probolinggo Dr. H. Ali Muchtar, rabu pagi (11/11/20).

 

Kapolres menerangkan bahwa kunjungan ini sesuai amanat Kapolda Jatim terkait penekanan Hukum saat ini lebih kepada pendekatan persuasif mengingat karakteristik masyarakat di Jatim yang beraneka ragam. Penegakkan hukum harus lebih kepada legitimasi yang mana harus mendapat dukungan dari masyarakat.

 

“ Kedepan mohon dukungannya untuk kepolisian dalam menjalankan tugas-tugas pokok kami, karena tanpa dukungan FKUB kami tidak dapat sepenuhnya menjaga kondusifitas kota Probolinggo dan jangan sungkan-sungkan untuk menegur kami apabila kami terdapat kelalaian dalam menjalankan tugas “ jelas Alumni Akpol 2002 ini.

 

“ Mohon juga informasi dari FKUB kota Probolinggo apabila terdapat isu-isu lokal maupun nasional sehingga kami dapat mendeteksi kerawanan yang ada sehingga dapat meminimalisir indikasi konflik sosial yang akan terjadi, karena beberapa tahun belakang ini isu agama sangat sensitif sehingga menjadi atensi pimpinan”, tambahnya. 

Terkait bencana non alam yang masih belum berakhir yaitu pandemi covid-19 diharapkan FKUB membantu mensosialisasikan protokol kesehatan kepada para umat melalui tokoh agama masing -masing karena peran tokoh sangatlah penting yaitu sebagai peredam gejolak yang terjadi di masyarakat, petugas kepolisian hanyalah sebagai keamanan yang mana perlu dukungan dari para tokoh dalam menjalankan tugas.

 

“ Kami menjabat sebagai ketua masih baru, kurang lebih masih satu tahun, dari laporan yang saya terima dari pengurus lama tidak terdapat konflik lintas agama yang menjadi atensi yang pernah terjadi di Kota Probolinggo, oleh karena itu mohon kiranya pihak kepolisian turut berperan dalam menyelesaikan segala bentuk permasalahan sehingga di kota Probolinggo tidak terjadi konflik sosial lintas agama “ jelas Dr. H. Ali Muchtar.

 

“ Kedepan kami akan mensosialisasi dengan pengurus FKUB Kota Probolinggo dimana nantinya akan juga mengundang pihak kepolisian untuk memberikan sosialisasi terkait isu-isu lokal maupun nasional.  Kami berharap dengan kunjungan ini akan tetap terjalin dan terus bekerja sama serta kami siap mendukung tugas-tugas kepolisian yg selama ini sudah berjalan dengan baik”, pungkasnya.

 

No comments