Header Ads

Antisipasi Perubahan Cuaca Ekstrim, Polres Probolinggo Kota Gelar Apel Siaga Bencana





Musim penghujan telah tiba. Perubahan cuaca yang ektrim tak jarang menyebabkan terjadinya bencana alam. Tak terkecuali di Kota Probolinggo. Angin yang berhembus dengan kencang dan curah hujan yang sudah mulai tinggi merupakan hal yang harus diantisipasi agar apabila terjadi hal yang tidak diinginkan, polisi siap mengantisipasi

 

Menyikapi hal tersebut, sebagai wujud kesiapsiagaan, Polres Probolinggo Kota menggelar apel gabungan siaga bencana di halaman Mapolres. Apel ini diikuti oleh seluruh PJU serta anggota Polres Probolinggo Kota. Rabu (10/11/2020).

 

Bertindak selaku pimpinan apel adalah Kapolres Probolinggo Kota AKBP R.M Jauhari S.H., S.I.K., M.Si sedangkan untuk perwira apel dijabat Kompol Hermawan Tjahyono yang merupakan Kabag Ops Polres dan Komandan Apel dijabat oleh Iptu Joko yang sehari-hari menjabat sebagai KBO Reskrim.

 

AKBP R.M Jauhari S.H., S.I.K., M.Si dalam amanatnya mengatakan, kegiatan apel ini adalah bentuk kesiapan dalam menghadapi bencana alam di seluruh wilayah Kota Probolinggo. Pihaknya menekankan dalam proses penanganan perlu sinergitas yang kuat antar instansi agar penanganan bisa menjadi lebih komprehensif dan menyentuh semua aspek.

 

“Kerawanan bencana alam di Kota Probolinggo adalah banjir dan pohon tumbang. Kita samakan persepsi dan sinergitas dengan sigap, tanggap, cepat bergerak saat terjadi bencana alam.” Ujar AKBP Jauhari

 

Masih kata AKBP R.M Jauhari S.H., S.I.K., M.Si, memasuki musim penghujan ini pihaknya telah menginstruksikan jajarannya agar mewaspadai potensi bencana alam yang mungkin terjadi. Respon cepat dan segera turun kelapangan membantu evakuasi warga. Untuk tingkat Polres , pihaknya telah menyiagakan Satgas bencana yang bisa digerakkan sewaktu-waktu dengan perlengkapan yang ada.

 

Usai apel, kegiatan dilanjutkan dengan peninjauan sarana prasarana penunjang penanganan bencana alam yang dimiliki oleh masing-masing instansi.

No comments