Header Ads

Antisipasi Musim Hujan, Satlantas Polres Probolinggo Kota Siagakan Puluhan Personel

 


Memasuki musim penghujan, sejumlah langkah antisipasi dilakukan Kepolisian Resor (Polres) Probolinggo Kota. Salah satunya dari satuan lalu lintas (satlantas) yang menyiagakan puluhan personel untuk merespon potensi bencana.

 

“Ini adalah langkah antisipasi dalam menghadapi pergantian musim. Jadi, kami persiapkan sedini mungkin,” kata Kapolres Probolinggo Kota AKBP Ambariyadi Wijaya, melalui Kasatlantas AKP Tavip Haryanto, Senin (02/11/2020).

 

Tavip Haryanto menuturkan, persiapan sedini mungkin ini untuk memperkecil timbulnya korban jiwa, kerusakan lingkungan, kerugian harta benda, dan dampak psikologi yang dalam keadaan tertentu dapat menghambat pembangunan nasional.

 

Apalagi semua personel, termasuk sarana dan prasarana sudah siap. Di antaranya perlengkapan pribadi personel dalam rangka menghadapi cuaca ekstrem di musim penghujan. Seperti jas hujan, sepatu boat, helm, dan senter lalu lintas.

 

“Kami sudah siap apabila terjadi hal yang mendadak. Untuk personel yang diterjunkan, ada puluhan personel Satlantas Polres Probolinggo Kota. Seluruh personel disiagakan apabila dibutuhkan sewaktu-waktu. Kami juga tidak bekerja sendiri, namun tetap berkoordinasi dengan instansi samping,” beber kasatlantas.

 

Tak hanya itu, kasatlantas juga telah mengoptimalkan daerah-daerah yang rawan terhadap bencana.  Untuk masyarakat dihimbau untuk tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan dalam berkendara. Mengingat  pandemi Covid-19 masih belum berakhir.

 

“Seluruh aggota Satlantas diinstruksikan untuk meningkatkan giat satlantas guna menciptakan situasi kondisi kamtibmas tetap aman kondusif, wujudkan kamseltibcar lantas untuk menekan angka laka lantas serta berikan pelayanan terbaik bagi masyarakat,” tegas Tavip Haryanto.

 

Selain itu, lanjutnya, terhadap anggota ditekankan agar selalu siap dan waspada terhadap segala kondisi di lapangan terutama saat musim hujan. Anggota diminta menyosialisasikan kepada masyarakat pentingnya menjaga ketertiban berkendara.

 

“Anggota satlantas juga mensosialisasikan kepada masyarakat bahwa ketertiban lalu lintas bukan hanya merupakan tanggung jawab polisi lalu lintas saat menjalankan tugasnya di jalan raya. Tetapi, ini semua tanggung jawab  bersama, baik untuk keselamatan diri sendiri dan keselamatan orang lain,” ungkap kasatlantas.

 

Dikatakannya, keseluruhan personel disebar dan di tempatkan pada titik rawan pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas. Ini untuk memastikan bahwa seluruh jalur tersebut benar-benar aman dan nyaman dan kamtibselcarlantas dalam keadaan kondusif.

 

“Selalu menjaga kesehatan, optimalkan sarana-prasarana yang ada. Jika terdapat situasi kontijensi segera laporkan pimpinan untuk mengambil langkah lebih lanjut,” pungkas Tavip Haryanto.

No comments