Header Ads

Patroli Kawasan Hutan, Polsek Wonomerto Antisipasi Karhutla


 

Wonomerto – Musim kemarau yang berkepanjangan membuat lingkungan di wilayah hukum Polsek Wonomerto Polres Probolinggo Kota menjadi gersang dan tanaman pun mulai banyak yang mengering.

 

Akibatnya dapat menimbulkan kerawanan kebakaran hutan karena ranting dan daun pohon sudah mulai mengering

Keadaan tersebut tak disia-siakan oleh personel Polsek Wonomerto Polres Probolinggo Kota yang dipimpin Aiptu Rusidi bersama anggota untuk melaksanakan patroli di wilayah hutan di RPH Desa Sumberkare Kecamatan Wonomerto Kabupaten Probolinggo, hal ini dilakukan sebagai langkah antisipasi pencegahan terhadap peristiwa Karhutla, Kebakaran hutan dan lahan. Selasa (20/10/2020) siang.

 

Kegiatan tersebut dilaksanakan secara intensif oleh Polsek Wonomerto Polres Probolinggo Kota dalam rangka mencegah dan antisipasi tejadinya Karhutla, karena dengan situasi panas berakibat banyak dedaunan yang kering akan sangat mudah sekali untuk membakar dan menjalar menjadi besar.

 

Aiptu Rusidi yang menjabat sebagai KSPK C Polsek Wonomerto Polres Probolinggo Kota yang pimpin patroli siang ini mengajak masyarakat cegah kebakaran hutan dengan melaksanakan patroli, dan saya mengharapkan kita jaga kelestarian hutan demi anak cucu kita dimasa mendatang, maka dari itu kita cegah adanya kebakaran hutan.

 

”Kebakaran hutan disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya, kebiasaan membuang rokok pada kawasan hutan, terutama kawasan hutan diwilayah hukum Polsek Wonomerto banyak hutan jati, membuka lahan dengan membakar, terlebih dengan cuaca yg panas tiupan dan angin." Ujar Kapolsek.

 

Cegah kebakaran Karhutla sudah menjadi atensi dari Pemerintah untuk bersama antisipasi cegah dini.

”Walaupun sampai saat ini belum ditemukan titik api, namun antisipasi karhutla namun upaya terus gencar dilakukan mulai dengan Patroli, gabungan, disosialisasikan , dan antisipasi terus diupayakan." Terang Kapolsek

 

No comments