Header Ads

Tingkatkan Profesionalitas, Polres Probolinggo Kota Gelar Latihan Dalmas Inti


Guna meningkatkan kompetensi dan profesionalisme, Kepolisian Resort Probolinggo Kota terus mengintensifkan berbagai pelatihan bagi anggotanya. Mulai dari kemampuan perorangan hingga ikatan kelompok peleton dan kompi.

Menindaklanjuti hal tersebut, Polres Probolinggo Kota menggelar latihan pengendalian massa atau Dalmas yang diselenggarakan di halaman Mapolres dan diikuti oleh sejumlah personel yang telah ditunjuk. Sabtu (04/07/2020).

Kapolres Probolinggo Kota AKBP Ambariyadi Wijaya S.I.K S.H M.H. melalui Kabagops Kompol Hermawan Tjahyono menegaskan pada dasarnya pelatihan ini untuk merefresh kembali peran masing-masing anggota dalam ikatan peleton Dalmas dimana pelatihan seperti ini sudah kerap dilakukan.

Selain itu, kegiatan tersebut adalah penerapan dari motto jajaran Polres Probolinggo Kota untuk mewujudkan Kota Probolinggo “Mangga Manis” ( Aman, Terjaga, Nyaman dan Humanis)

“Meningkatkan profesionalisme dalam hal pengendalian massa. Jadi, jika dibutuhkan bisa digerakkan sewaktu-waktu.” Ungkap Kompol Hermawan.

Lebih lanjut Kompol Hermawan mengatakan, pelatihan Dalmas ini merupakan bentuk kesiapsiagaan menghadapi perkembangan dan dinamika Kamtibmas baik ditingkat lokal, regional maupun nasional yang membutuhkan kewaspadaan  dan gerak cepat dalam memelihara dan menjaga kondusifitas wilayah.

Mengingat masih dalam masa pandemi Covid-19 dan melibatkan personel cukup banyak, pelatihan digelar secara bergantian dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Setiap personel yang terlibat wajib mengenakan masker, mencuci tangan terlebih dahulu menggunakan sabun dan diharuskan melalui sejumlah prosedur seperti pemeriksaan suhu tubuh dan penyemprotan antiseptik.

Materi pelatihan yang diberikan meliputi tim negosiator yang didominasi oleh Polwan, Peleton Dalmas awal dan Kompi Dalmas lanjutan. Sedangkan bertindak selaku instruktur adalah Aiptu Eko Yuli yang sudah cukup berpengalaman dalam bidang pengendalian massa

No comments