Header Ads

Sambut Era New Normal, Kapolres Pantau Kesiapan Pulau Gili Menuju Kampung Dan Wisata Tangguh Semeru


Sambut era new normal, Kapolres Probolinggo Kota AKBP Ambariyadi Wijaya bersama anggota jajarannya, Minggu (5/7/20) melakukan kunjungan dan pemantauan kesiapan pembentukan Kampung dan Wisata Tangguh Semeru Polres Probolinggo Kota di Pulau Gili Ketapang di Desa Gili Ketapang, Kecamatan Sumberasih, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur.

Dalam kunjungan kali ini, Kapolres menyampaikan ada beberapa faktor yang dipertimbangkan dalam pembentukan  Kampung dan wisata tangguh Semeru Probolinggo.  pertama, Pulau Gili Ketapang merupakan sebuah Pulau Kecil di wilayah Kabupaten Probolinggo yang masuk wilayah hukum Polres Probolinggo Kota, dengan zona hijau Covid-19 yaitu ODP Nihil,  kedua akses masuk / menuju Pulau Gili Ketapang hanya satu yaitu melalui Pelabuhan Tanjung Tembaga Kota Probolinggo, Ke tiga Pulau Gili Ketapang Memiliki wisata unggulan yaitu Snorkling namun saat ini tidak beroperasional sejak Pandemi Covid-19, Keempat, memiliki Ketahanan Pangan berupa hasil laut dan olahan produktif.

Faktor yang terakhir adalah, dalam hal menuju New Normal telah didirikan bilik sterilisasi di setiap dermaga di Pulau Gili Ketapang dan penyiapan masker untuk dibagikan bagi yang tidak menggunakan, papar mantan Kasubdit-1 Ditreskrimsus Polda Jatim ini.

Lebih lanjut, Menurut Kapolres, dalam pembentukan Kampung dan Wisata Tangguh Semeru diperlukan beberapa pembenahan dan kesiapan bersama antara lain penambahan fasilitas Sterilisasi baik disinfektan, antiseptik, hand sanitizer hingga tempat cuci tangan.

“Pengaturan Physical Distancing saat di Perahu perlu koordinasi lebih lanjut antara pemerintah Desa, pengelola wisata, pemilik perahu dan pihak pelindo / pelabuhan,” ujarnya.

Selain itu kata dia, perlunya pengaturan akses masuk Pulau Gili ketapang dari Wisatawan nantinya pada satu dermaga untuk memudahkan pengawasan dan pemeriksaan kesehatan (suhu tubuh, koneisi medis dll), serta pemasangan banner sosialisasi terkait Protokol Kesehatan pencegahan Covid-19.

“Berkaitan dengan menuju “New Normal” dan mendukung Pemerintah dalam Protokol Kesehatan serta mempertahankan laju ekonomi di tengah Pandemi maka Polres Probolinggo Kota bersama unsur terkait membentuk Kampung dan Wisata Tangguh Semeru di Desa Gili Ketapang yang kami awali dengan koordinasi dan persiapan bersama agar ke depan Penyeabaran Covid-19 dapat ditekan dan dihindari,” pungkas perwira polisi dengan pangkat dua melati dipundaknya ini.




No comments