Header Ads

Upaya Preventif, Polres Probolinggo Kota Berikan Vaksin Influenza Bagi Anggota Jajaran


Penyebaran wabah Covid-19 atau Virus Corona yang semakin masif membuat Jajaran Polres Probolinggo Kota melakukan berbagai upaya preventif dalam dalam rangka mencegah peyebaran virus tersebut. Mulai dari menyiapkan hand sanitizer, penyemprotran disinfektan, hingga bersih-bersih area perkantoran.

Terbaru, sebagai upaya menangkal virus tersebut Urkes Polres Probolinggo kota bekerjasama dengan urkes Polda Jatim juga memberikan vaksin influenza bagi para anggota jajarannya. Dengan pemberian vaksin influenza, gejala klinis yang mirip antara virus influenza dan Covid-19, dapat dipilahkan sehingga membantu jajaran polres untuk mengenali kondisi fisiknya.

Kabag Sumda Polres Probolinggo Kota Kompol Sayudi kepada tim Tribratanews mengatakan bahwa anggota harus mengikuti kegiatan vaksinasi influenza ini. Sebelum melakukan vaksin, terlebih dahulu satu per satu pegawai diperiksa kesehatan dasarnya, mulai suhu badan hingga riwayat penyakit lainnya. Apabila tidak ditemukan tanda-tanda atau gejala sedang sakit, para pegawai pun bisa langsung melakukan vaksinasi influenza tersebut.

Kabag Sumda juga menjelaskan, jika memang belum ditemukan obat ataupun vaksin yang bisa mencegah atau mengobati Covid-19, upaya terbaik adalah menghindari potensi tertular dengan rajin mencuci tangan, menjahui keramaian, dan meningkatkan daya tahan tubuh.

“Vaksinasi ini memang bukan untuk mencegah atau bahkan mengobati Covid-19, karena memang belum ada obatnya secara medis. Namun vaksin influenza ini kita gunakan untuk meningkatkan daya tahan tubuh diri kita dari virus flu yang gejalanya mirip seperti corona atau Covid-19. Selain itu, meminum minuman sehat juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh sehingga terhindar dari Covid-19,” Kabag.

Lebih lanjut, Kabag juga menjelaskan bahwa saat ini jajaran Polres juga berfokus pada langkah preventif. Salah satunya adalah dengan memastikan seluruh anggota jajaran dalam kondisi fit sebelum beraktivitas, di antaranya dengan vaksin flu gratis hingga menyiapkan Vitamin C bagi para anggota.




No comments