Header Ads

test

Tetap Humanis, Polsek Sumberasih Bersama Forkopimcam Bubarkan Hajatan Warga Antisipasi Covid-19

 Resepsi pernikahan sepasang pengantin di Desa/Kecamatan Sumberasih, Kabupaten Probolinggo terpaksa dibubarkan Aparat Kepolisian setempat bersama Forkompimcam. Pembubaran tersebut dilakukan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Kabupaten Probolinggo.

Pembubaran resepsi dipimpin langsung Kapolsek Sumberasih IPTU Suyanto, SH pada Kamis (26/03/2020) malam. Sempat muncul perdebatan, namun akhirnya orang tua pengantin mengikuti instruksi dengan membubarkan acara.

"Dasar pembubaran yang kami lakukan tentunya Maklumat Kapolri tentang pencegahan Covid-19. Kami terpaksa melakukan pembubaran, karena yang bersangkutan tidak mengindahkan surat yang kami berikan," kata Kapolsek Sumberasih IPTU Suyanto, SH.

Beruntung ketika polisi datang, siempunya hajat yakni Berlokasi kan Ds. Sumurmati kecamatan Sumberasih tuan rumah bersikap kooperatif. Mereka dengan sukarela menghentikan pesta. Bahkan, mereka langsung membongkar tenda resepsi dengan disaksikan petugas.


Kapolsek menjelaskan sebelumnya pihak Polsek memang telah memberi izin. Namun, setelah Maklumat Kapolri turun, pihaknya membatalkan izin yang telah diberikan.

Camat Sumberasih Rahmad Hidayanto menyatakan apresiasi atas kesadaran masyarakat untuk menghentikan kegiatan guna menghindari risiko penyebaran Covid-19.

"Ini demi kebaikan kita semua. Kami memaklumi bahwa yang mempunyai hajat sudah melakukan persiapan jauh-jauh hari dengan biaya yang tidak sedikit. Namun sekali lagi ini demi kebaikan kita semua," kata Camat Sumberasih.

Selain di Desa Sumurmati, pihak Muspika Kecamatan Sumberasih juga mendatangi warga Desa Pesisir yang sedianya hendak menggelar pesta pernikahan besok hari. Setelah diberi penjelasan, mereka akhirnya bisa memahami.

"Alhamdulillah semua pihak bisa bekerjasama dengan baik. Kami melakukan tindakan ini semata-mata demi menjaga masyarakat dan warga guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19 yang tiap hari semakin memakan banyak korban.”  Jelas Kapolsek Sumberasih IPTU Suyanto, SH

No comments