Header Ads

Wakapolres Hadiri Kegiatan F-Wamipro Probolinggo Peringati Hari Pers Nasional 2020


Wakapolres Probolinggo Kota Kompol Imam Pauji S.H menghadiri peringatan Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2020 di Kodim 0820 Probolinggo, Minggu (09/02/2020) pagi.

Dalam kegiatan ini Wakapolres Probolinggo Kota Kompol Imam Pauji SH mengatakan bahwa dalam momen hari pers nasional ini, bisa dijadikan sebagai momentum untuk para rekan-rekan wartawan agar berpartisipasi secara aktif untuk menepis dan mengantisipasi berbagai macam berita hoax yang beredar di berbagai media sosial.

 “Mari kita dukung pemerintah melakukan program yang bersifat membangun. Pers dalam mencari berita tetap mengedepankan kode etik juranlistik. Jika ini dilaksanakan pers akansemakin professional, jaya dan memberikan manfanat bagi masyarakat,” imbuh Kompol Imam Pauji.

“Saya berharap insan pers berbagai media massa, baik media cetak atau elektronik dapatbersinergi dalam mewujudkan Kota Probolinggo yang lebih baik dari berbagai lini. Perspunya peran besar dalam menyampaikan informasi berdasarkan fakta kepada masyarakat, danpemerintah punya program yang harus tersampaikan kepada masyarakat,” ujar Sekda Kota Probolinggo drg Ninik Ira Wibawati, saat menyampaikan sambutan Wali Kota Hadi ZainalAbidin, yang berhalangan hadir.

Pers dan pemerintah, lanjut sekda, pers juga punya fungs kontrol yang disampaikan dalam kritikan yang membangun. Keberadaan pers dibutuhkan  sebagai pencerah dan pemberi informasi yang berdasarkan fakta sesuai kaidah jurnalistik.

Pers diharapkan menjadi garda terdepan dalam menetralisir berita hoax, ujaran kebencian danfitnah di masyarakat.Sementara itu, Dandim 0820 Probolinggo Letkol Inf Imam Wibowo mengungkapkan,dinamika kehidupan, pembangunan, politik, ideologi, budaya, ekonomi dan lain sebagainya
selalu ditemui di lapangan. Dalam hidup berbangsa dan bernegara, tingkat pemahaman  seluruh warga berbeda-beda dan mudah terhasut.

“Percaya dan yakin, bahwa semua wali kota, bupati, pimpinan daerah, pejabat, dandim,kapolres pasti akan merencanakan kegiatan terbaik untuk kita semua.

Apabila ada koreksi perlu dimaklumi dan disampaikan, tapi jangan terjadi pemahaman yang salah dan opini yangdibangun tanpa fakta,” tegas Letkol Inf Imam Wibowo. “Harapannya, ada berita hoax, ujaran kebencian, SARA dan menghasut, rekan-rekan persyang paling di depan. Meski pers punya kemerdekaan, namun tetap berasaskan rasa keadilandan demokrasi,” tutur wakapolresta di depan seluruh anggota F-Wamipro yang hadir.

Sementara itu Nara sumber Wilson Lalengke ketua Persatuan Pewarta warga Indonesia  (PPWI) sempat hadir dalam acara peringatan HPN 2020 yang diselenggarakan F Wamiprodalam pesan singkatnya Wilson mengajak seluruh jurnalis Probolinggo untuk menyampaikan   informasi sesuai dengan fakta yang ada dilapangan melalui penulisan berita dan Wilson  mengapresiasi kerjasama antara pemerintah kota maupun kabupaten dengan Pers di  Probolinggo sehingga terjadi sinerginitas yang harmonis demi pembangunan Bangsa

Ketua Forum Wartawan Mingguan Probolinggo (F-Wamipro) Suhri menyatakan, sebagai   insan pers pihaknya bersama seluruh anggota berupaya agar kedudukan pers dalamberkebangsaan dapat memperoleh tempat sesuai tugas pokok dan fungsi.“Momentum Hari Pers Nasional tahun 2020 menjadi refleksi untuk lebih meningkatkan perandalam bersinergi dengan pemerintah, forkopimda dan instansi vertikal lainnya. Memotivasikami lebih meningkatkan peran dalam kejurnalistikan,” ungkapnya

No comments