Senin, 06 Januari 2020

Polres Bersama Dengan Pasukan Gabungan Tanggap Darurat Bencana Gelar Apel Kesiapsiagaan Bencana


Jajaran Polres Probolinggo Kota bersama dengan pasukan gabungan tanggap darurat bencana di kota Probolinggo menggelar apel kesiapsiagaan penanggulangan bencana alam Kota Probolinggo. Kegiatan tersebut dilaksanakan di kantor BPBD di Jalan Mastrip, Kelurahan Kedupok, Kecamatan Wonoasih, Kota Probolinggo. Senin (6/01/2020).

Apel diikuti petugas gabungan dari TNI, Relawan, BPBD, Satpol PP, Dinsos, PMI, dan Linmas Pemerintah Kota Probolinggo. Dalam apel gabungan tersebut, juga diperlihatkan peralatan seperti gergaji mesin, kapal karet, motor trail, mobil jeep, serta persiapan kebutuhan sembako jika emergency untuk kebutuhkan korban jika terjadi bencana alam nantinya.

Menurut Walikota Probolinggo, Habib Hadi Zainal Abidin, langkah kesiapsiagaan tanggap bencana, sedia payung sebelum hujan, istilah ini, sebelum ada bencana banjir, tanah longsor, dan angin puting beliung disaat musim penghujan ini, kita akan melakukan normalisasi sungai, pemangkasan ranting dan pembersihan sampah di sungai, dan perlu kerjasama warga untuk menjaga lingkungannya.

“Sedia payung sebelum hujan, istilah ini kita pakai, sebelum kejadian ada bencana kita antisipasi sedini mungkin, dan kita akan melakukan normalisasi sungai, pemangkasan pohon, dan saya harap kerjasama warga untuk menjaga kebersihan lingkungan, agar bencana alam tidak terjadi di wilayah Kota Probolinggo” ujar Habib Hadi saat dikonfirmasi di lokasi.

Kapolres Probolinggo Kota AKBP Ambariyadi Wijaya S.I.K, S.H, M.H juga menambahkan jika jajaran Polres akan mempersiapkan semua personil jika sewaktu – waktu dibutuhkan jika terjadi bencana alam. Polres akan semua kerahkan semua anggota jajarannya termasuk dengan bantuan dari teman TNI dari Kodim 0820, BPBD, Satpol PP, Linmas dan relawan.

“Kita akan selalu siap untuk kesiapsiagaan tanggap bencana, anggota kita siapkan semuanya jika nanti ada bencana alam, dengan dibantu anggota TNI, Linmas, BPBD, dan relawan, semoga tidak terjadi bencana apa saja, saat memasuki musim penghujan ini” jelas Ambariyadi.

Pemerintah Kota Probolinggo, menghimbau masyarakat yang bermukim di sepanjang aliran sungai, dan rumahnya dekat dengan pohon besar, untuk lebih berhati – hati jika hujan deras berintesitas tinggi dan ada angin kencang, untuk menjauh dan mengevakuasi harta benda.

Petugas gabungan yang dipimpin langsung Habib Hadi Zainal Abidin Walikota Probolinggo, AKBP Ambariyadi Wijaya Kapolres Probolinggo Kota, Letkol Inf Imam Wibowo Dandim Probolinggo, bersama Muspika setempat, akan mengecek sungai di yang biasa terjadi Banjir Bandang kiriman dari wilayah selatan Kabupaten Probolinggo.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar