Header Ads

Kasat Binmas Gelar Sosialisasi Dan Pelatihan Pelatih Drum Band


Polres Probolinggo mengadakan Sosialisasi dan Pelatihan kepada para pelatih Drum Band, bertempat di Ruang Rupatama, Jum’at (13/12/19), dimulai dari pukul 12.00 Wib hingga pukul 15.30 Wib. Kegiatan ini diadakan guna meningkatkan kualitas dan kemampuan para pelatih Drum Band yang ada di Kota Probolinggo, selain itu turut hadiri diacara ini antara lain, Kasat Binmas Iptu Retno Utami, S.H., selaku Ketua Harian PDBI Kota Probolinggo, PDBI Prov Jatim Didit Prima, ST selaku narasumber, dan Pengurus PDBI Kota Probolinggo, serta Para Pelatih Drumband Kota Probolinggo 45 orang turut hadir diacara ini.

Dalam sambutannya, Kasat Binmas Iptu Retno Utami, S.H., Menyampaikan dua hal penting antara lain, Agar kiranya para pelatih dapat menjaga tali persaudaraan, dan juga selalu dapat menjaga kekompakan dan tidak untuk saling menjatuhkan sesama pelatih, dan dapat saling menjaga sportivitas saat melatih Unit Drum Band masing masing.

“Untuk semua yang hadir diacara ini agar senantiasa kiranya selalu berkoordinasi dengan Pengurus PDBI Kota Probolinggo, apabila saat Unit Drumbandnya ketika melaksanakan kegiatan unjuk gelar,” harap Iptu Retno.

“Disamping itu, Iptu Retno juga Memberikan motivasi kepada para pelatih untuk lebih maju dan menggunakan kegiatan pada hari ini untuk menambah ilmu dan menyamakan persepsi dalam melatih Unit Drum Band,” terangnya.

Dilanjutkan sambutan dari PDBI Prov Jatim Bpk. Didit Prima, ST selaku narasumber, memberikan materi tentang, ”KOREOGRAFI” di drum band, Marching, Drum Corps dapat diartikan sebagai rasa seni yang dituangkan dalam bentuk tatan gerak yang direncanakan, disesuaikan dengan kemampuan pelakunya dan dituangkan dalam bentuk tata gelar ( Lay Out ).

Serta Aspek yang perlu diperhatikan dalam menyususun koreografi diantaranya, Aspek manusia sebagai pelaku atau pelaksana. Aspek komposisi peralatan. Aspek repertoire. Aaspek tempat unjuk gelar. Aaspek cara berproses atau metode.

“Adapun yang kita harus perhatikan tentang kemampuan dasar atlet atau pemain sesuai dengan golongan usia agar tujuan yang kita inginkan dapat tercapai. Seperti halnya ketika melakukan latihan khusus dasar baris-berbaris minimal mengenal hadap kanan dan kiri jalan, balik kanan jalan, jalan ditempat pendek, jalan ditempat tinggi, jalan kebelakang pendek dan panjang serta berjalan secara roll,” tandasnya.

Untuk itu, Didalam 1 unit drumband, drum corps, marching band terdiri dari 3 unsur kelompok yaitu, Unsur kelompok brass atau tiup, pianika, trumpet, flugel horn, m. Trombone, baritone, tuba dan lain lain. Dan juga Unsur kelompok perkusi. Snar drum, tim tom, bass drum, marching bell, marimba dan lain lain. Dan juga harus memperhatikan Unsur kelompok pendukung atau auxiliary ( colour guard, saiber guard, rifle guard dan lain lain ).

Selain itu, sangat penting kita mengetahui, ASPEK REPERTOIRE ( SUSUNAN LAGU ), Susunan lagu ditata lebih dahulu agar unjuk gelar dapat disusun dengan baik sesuai dgn keinginan kita. Susunan lagu sesuai dengan karakter lagu agar tidak monotone. Tata gelar disusun secara dinamis,memasukkan unsur tari, membuat gerak yang khas. Susunan lagu disesuaikan tempat dan waktu agar tatanan unjuk gelar tidak salah tempat. Tiap lagu sebaiknya dimainkan minimal lagu diulangi 1 ½ lagu, maksimal lagu diulangi 2 kali agar tidak monoton.

“Ditambahkannya, Selama pelaksanaan kegiatan berlangsung aman dan kondusif,” tutup Iptu Retno.



No comments