Header Ads

Cegah Konflik Antar Warga Binaannya, BBKTM Polsek Kademangan Bertindak Sebagai "Penengah"

Bhabinkamtibmas adalah ujung tombak pencegahan kejahatan, seperti kebakaran hutan dan lahan maupun tindak pidana lainnya yang dapat menganggu situasi kamtibmas. Bhabinkamtibmas juga mengemban tugas pembinaan dan seorang pemimpin yang kuat yang harus punya terobosan kreatif.

Oleh karena itu Bhabinkamtibmas dituntut untuk menguasai lima fungsi teknis kepolisian sekaligus, diantaranya intel, reserse, shabara, lalu lintas, dan pembinaan masyarakat. Terutama untuk pencegahan konflik sosial kuncinya adalah kemampuan berkomunikasi dengan masyarakat.

Seperti yang di lakukan Bhabinkamtibmas Polsek Kademangan Polres Probolinggo Kota Bripka Suherlianto Selasa (24/12/2019) sekitar pukul 09.00 WIB, melaksanakan giat problem solving permasalahan Tindak Pidana Pengrusakan pekarangan yang dilakukan oleh S yg menyuruh Rm dan Rs terhadap Yn yang terjadi di Desa kademangan pada hari minggu tgl 22 Desember 2019 pukul 19.00 wib

Sehubungan dengan masalah yang terjadi antar warga desa binaannya yaitu antara kedua belah pihak, Proses mediasi kemudian dilakukan dan kedua belah pihak antara S,Rm RS dan Yn untuk menyelesaikan permasalahan tersebut dengan Kekeluargaan. Bripka Suherlianto menuturkan “dari kejadian tersebut kedua belah pihak sepakat untuk menyelesaikan permasalahan,“.

Ia juga menambakan “Kami selaku pengembang fungsi binmas kepolisian dan ujung tombak di masyarakat akan menjembatani proses penyelesaian masalah dan memberikan solusi yang dapat di terima oleh kedua bela pihak sehingga hubungan antara kedua belah pihak tetap terjaga dan situasi kamtibmas tetap kondusif,”.

No comments